Penerapan TGT Berbantuan Media Ukaso untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Siswa SD 2 Medini

Authors

  • Fadhilah Alfatikhah Universitas Muria Kudus
  • Much Arsyad Fardani Universitas Muria Kudus
  • Nurul Hamim SD 2 Medini

DOI:

https://doi.org/10.32585/cessj.v7i1.6545

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan pancasila siswa kelas III SD 2 Medini melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media ular tangga edukatif dengan kartu soal (Ukaso). Penelitian menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari dua siklus, masing-masing meliputi tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 20 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi aktivitas siswa dan keterampilan mengajar guru, serta evaluasi hasil belajar siswa pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model TGT berbantuan media UKASO dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, keaktifan siswa, dan hasil belajar Pendidikan pancasila. Persentase ketuntasan hasil belajar meningkat dari pra-siklus sebesar 5% menjadi 65% pada siklus I, dan mencapai 85% pada siklus II. Temuan ini menunjukkan bahwa model pembelajaran TGT dengan media Ukaso dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keberagaman Indonesia di mata pelajaran pendidikan pancasila.

Kata Kunci: Teams Games Tournament, media Ukaso, hasil belajar, Pendidikan pancasila.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-30

Issue

Section

Artikel