Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Menggunakan Model Discovery Learning Di Kelas V SD 3 Peganjaran Kudus

Authors

  • ely ela andayani andayani universitas muria kudus
  • Yuni Ratnasari
  • Oktri Suhartati
  • Fit Pipin Ikhtiarto

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas V SD 3 Peganjaran Kudus dengan penerapan model pembelajaran discovery learning pada pembelajaran pancasila. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini peserta didik kelas V SD 3 Peganjaran Kudus dengan jumlah 18. Penelitian dilaksanakan selama dua siklus tiap siklus terdiri dari 3 pertemuan dengan durasi 2 x 35 menit. Disetiap siklus memiliki tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Data hasil penelitian menggunakan hasil asesmen sumatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar peserta didik di setiap siklus. Pada siklus I dan II, persentase ketuntasan peserta didik meningkat pada pra-siklus 24% menjadi 39% dan 78%. Oleh karen itu disimpulkan bahwa penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila

Referensi 

Amalia, R. ., Rasman, N. R. ., & Ekafitria, E. . (2024). Penerapan Model Discovery Learning Dan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (Crt) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas V Di SD Negeri Pao-Pao Kabupaten Gowa. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP)7(4), 13647–13655. Https://Doi.Org/10.31004/Jrpp.V7i4.34766

Wapa, A., & Arrasyid, H. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Ppkn Dengan Menggunakan Model Discovery Learning Siswa Kelas 2 Sd Islam Manbaul Falah. Jurnal Eduakasi dan Penelitian Tindakan Kelas3(1), 165-174.

Mira, A. S. J., Nuhamara, Y. I. T., Bima, S. A., Taunu, E. S. H. ., & Ndakularak, I. L. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Di Kelas Xi Sekolah Menengah Kejuruan Menggunakan Model Discovery Learning. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan5(1), 46-56. https://doi.org/10.37478/jpm.v5i1.3596

Fitria, F., Anita, Y., & Waldi, A. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Menggunakan Model Discovery Learning di kelas V SDN 10 Sabu Kabupaten Tanah Datar. Journal of Basic Education Studies7(1), 529-540.

Widiana, W. (2024, October). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Educaplay Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Kelas III SDN Purwantoro IV Malang. In Seminar Nasional dan Prosiding PPG Unikama (Vol. 1, No. 2, pp. 882-892).

Suharto, B. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ppkn. Teacher: Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru, 2(1). https://doi.org/10.51878/teacher.v2i1.997

Utomo, P., Asvio, N., & Prayogi, F. (2024). Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Panduan Praktis untuk Guru dan Mahasiswa di Institusi Pendidikan. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia1(4), 19. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i4.821

Massie, A. Y., & Nababan, K. R. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Pendidikan Karakter Siswa. Satya Widya37(1), 54–61. https://doi.org/10.24246/j.sw.2021.v37.i1.p54-61

Reinita, Waldi, A., & Anita, Y. (2020). Paradigma Baru Pembelajaran PKn Abad 21. Purwokerto: Pena Persada.

Mahfudi, A. J. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Tentang Proses Perumusan Pancasila Melalui Metode Pembelajaran Discovery Learning Siswa Kelas VI SDN Kesambi Kecamatan Porong Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Refleksi Pembelajaran (JRP)4(1), 1-8.

Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman9(1), 49–60. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-28

Issue

Section

Artikel