Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Menggunakan Model Discovery Learning Di Kelas V SD 3 Peganjaran Kudus
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas V SD 3 Peganjaran Kudus dengan penerapan model pembelajaran discovery learning pada pembelajaran pancasila. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini peserta didik kelas V SD 3 Peganjaran Kudus dengan jumlah 18. Penelitian dilaksanakan selama dua siklus tiap siklus terdiri dari 3 pertemuan dengan durasi 2 x 35 menit. Disetiap siklus memiliki tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Data hasil penelitian menggunakan hasil asesmen sumatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar peserta didik di setiap siklus. Pada siklus I dan II, persentase ketuntasan peserta didik meningkat pada pra-siklus 24% menjadi 39% dan 78%. Oleh karen itu disimpulkan bahwa penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila
Referensi
Amalia, R. ., Rasman, N. R. ., & Ekafitria, E. . (2024). Penerapan Model Discovery Learning Dan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (Crt) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas V Di SD Negeri Pao-Pao Kabupaten Gowa. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 13647–13655. Https://Doi.Org/10.31004/Jrpp.V7i4.34766
Wapa, A., & Arrasyid, H. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Ppkn Dengan Menggunakan Model Discovery Learning Siswa Kelas 2 Sd Islam Manbaul Falah. Jurnal Eduakasi dan Penelitian Tindakan Kelas, 3(1), 165-174.
Mira, A. S. J., Nuhamara, Y. I. T., Bima, S. A., Taunu, E. S. H. ., & Ndakularak, I. L. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Di Kelas Xi Sekolah Menengah Kejuruan Menggunakan Model Discovery Learning. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(1), 46-56. https://doi.org/10.37478/jpm.v5i1.3596
Fitria, F., Anita, Y., & Waldi, A. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Menggunakan Model Discovery Learning di kelas V SDN 10 Sabu Kabupaten Tanah Datar. Journal of Basic Education Studies, 7(1), 529-540.
Widiana, W. (2024, October). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Educaplay Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Kelas III SDN Purwantoro IV Malang. In Seminar Nasional dan Prosiding PPG Unikama (Vol. 1, No. 2, pp. 882-892).
Suharto, B. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ppkn. Teacher: Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru, 2(1). https://doi.org/10.51878/teacher.v2i1.997
Utomo, P., Asvio, N., & Prayogi, F. (2024). Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Panduan Praktis untuk Guru dan Mahasiswa di Institusi Pendidikan. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4), 19. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i4.821
Massie, A. Y., & Nababan, K. R. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Pendidikan Karakter Siswa. Satya Widya, 37(1), 54–61. https://doi.org/10.24246/j.sw.2021.v37.i1.p54-61
Reinita, Waldi, A., & Anita, Y. (2020). Paradigma Baru Pembelajaran PKn Abad 21. Purwokerto: Pena Persada.
Mahfudi, A. J. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Tentang Proses Perumusan Pancasila Melalui Metode Pembelajaran Discovery Learning Siswa Kelas VI SDN Kesambi Kecamatan Porong Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Refleksi Pembelajaran (JRP), 4(1), 1-8.
Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 49–60. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 ely ela andayani andayani, Yuni Ratnasari, Oktri Suhartati, Fit Pipin Ikhtiarto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Civics Education and Social Science Journal (CESSJ) agree to the following terms:
- The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.