PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE KAHOOT DALAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TGT (TEAM GAME TURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MATERI HAK ASASI MANUSIA DALAM PANCASILA PADA MATA PELAJARAN PPKN

Authors

  • Oo Kosidin

DOI:

https://doi.org/10.32585/cessj.v1i2.756

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui pemanfaatan media Kahoot dalam
proses pembelajaran dengan model pembelajaran TGT dengan menggunakan
media Kahoot, (2) mengetahui kerja sama peserta didik dalam proses
pembelajaran, dan (3) mengetahui hasil belajar pserta didik dalam proses
pembelajaran dengan model TGT melalui penggunaan media Kahoot. Jenis
penelitian ini penelitian tindakan kelas, subjek penelitisnnys Guru dan siswa kelas
XII TKJ C SMKN 1 Padaheran. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tes,
obserwasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas dilakukan dengan menghitung
validitas item dan reliabilitas. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik
analisis kualitatif untuk mengetahui ada tidaknya aktifitas belajar siswa, dan
teknik analisis kuantitatif untuk mengetahui afda tidaknya peningkatan prestasi
belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan terhadap data hasil
observasi dan evaluasi pada silkus 1 dan siklus 2 dapat disimpulkan bahwa
penerapan media pembelajaran online Kahoot dapat meningkatkan aktivitas dan
hasil belajar siswa kelas XII TKJ C SMKN 1 Padaherang dengan peningkatan
rata-rata hasil belajar 29% (siklus I 48,73 siklus II 77,56), peningkatan
ketuntasan adalah 36,55% (siklus I 19 peserta didik, siklus II 32 peserta didik).
Hipotesis kegiatan PTK dengan fokus pada pmbelajaran berbasis e-learning
Kahoot! telah tercapai dengan angka presentase keberhasilan 85%.

Published

2020-07-15

Issue

Section

Artikel