PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE KAHOOT DALAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TGT (TEAM GAME TURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MATERI HAK ASASI MANUSIA DALAM PANCASILA PADA MATA PELAJARAN PPKN
DOI:
https://doi.org/10.32585/cessj.v1i2.756Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui pemanfaatan media Kahoot dalamproses pembelajaran dengan model pembelajaran TGT dengan menggunakan
media Kahoot, (2) mengetahui kerja sama peserta didik dalam proses
pembelajaran, dan (3) mengetahui hasil belajar pserta didik dalam proses
pembelajaran dengan model TGT melalui penggunaan media Kahoot. Jenis
penelitian ini penelitian tindakan kelas, subjek penelitisnnys Guru dan siswa kelas
XII TKJ C SMKN 1 Padaheran. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tes,
obserwasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas dilakukan dengan menghitung
validitas item dan reliabilitas. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik
analisis kualitatif untuk mengetahui ada tidaknya aktifitas belajar siswa, dan
teknik analisis kuantitatif untuk mengetahui afda tidaknya peningkatan prestasi
belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan terhadap data hasil
observasi dan evaluasi pada silkus 1 dan siklus 2 dapat disimpulkan bahwa
penerapan media pembelajaran online Kahoot dapat meningkatkan aktivitas dan
hasil belajar siswa kelas XII TKJ C SMKN 1 Padaherang dengan peningkatan
rata-rata hasil belajar 29% (siklus I 48,73 siklus II 77,56), peningkatan
ketuntasan adalah 36,55% (siklus I 19 peserta didik, siklus II 32 peserta didik).
Hipotesis kegiatan PTK dengan fokus pada pmbelajaran berbasis e-learning
Kahoot! telah tercapai dengan angka presentase keberhasilan 85%.
Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2020-07-15
Issue
Section
Artikel
License
Authors who publish with the Civics Education and Social Science Journal (CESSJ) agree to the following terms:
- The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.