PERAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM MEMBENTUK CALON PEMIMPIN DI ERA GLOBAL
DOI:
https://doi.org/10.32585/cessj.v1i2.760Abstract
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) merupakan bentukpendidikan yang mengembangkan sikap dan kemampuan warga negara baik
dari aspek pengetahuan, sikap, keterampilan, dan karakter. Menghadapi arus
globalisasi saat ini tentu membutuhkan persiapan secara maksimal untuk
menyiapkan para generasi muda menjadi pemimpin masa depan yang
profesional. Pemimpin di era global haruslah dapat malakukan perubahan
secara terencana, memiliki suatu visi dan misi, memiliki pengaruh yang kuat
guna mencapai tujuan bersama hingga mampu memotivasi rekan kerja di
Organisasi. Untuk menjalankan roda kepemimpinan seorang pemimpin
memerlukan suatu upaya yang strategis, sistematis dan efektif dalam
melaksananan suatu aktifitas untuk mencapai perubahan yang berkemajuan.
Melalui pengembangan nilai-nilai kepemimpinan yang terdapat dalam
materi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dapat digunakan sebagai
acuan bagi generasi muda penerus estafet kepemimpinan untuk menyiapkan
diri menjadi pemimpinan masa depan yang handal, berkualitas dan berjiwa
nasionalisme
Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2020-07-15
Issue
Section
Artikel
License
Authors who publish with the Civics Education and Social Science Journal (CESSJ) agree to the following terms:
- The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.