INTERNALISASI INDEOLOGI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM MENUMBUHKAN KESADARAN PLURALISME DI UNIVERSITAS MUHAMAMDIYAH KUPANG
DOI:
https://doi.org/10.32585/cessj.v2i1.764Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengkaji ideologi pendidikan multikultural yangditerapkan dalam menumbuhkan kesadaran pluralisme di UMK. Metodepenelitian
ini adalah kualitatif denganpenentuan subjekpurposive samplingyang terdiri
darimahasiswa Islam, Protestan, Katolik, dan dosen. Data penelitian dikumpulkan
melalui wawancara, observasi, dan catatan lapangan yang dianalisis dengan teknik
lingkaranyang bergerak di antara pengumpulan data, pengorganisasian data,
pembacaan, memoing, deskripsi, klasifikasi, penafsiran, dan penyajian/visualisasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa internalisasi pendidikan multikultural di
UMK dipengaruhi oleh tiga ideologi, di antaranya [1] multikulturalisme konservatif
merupakan ideologi yang paling berpengaruh, oleh karena itu, ideologi ini
menghambat proses penumbuhan kesadaran pluralisme di UMK.[2]
Multikulturalisme liberal banyak disalah artikan di UMK karena pada prinsifnya
ideologi ini adalah bagian dari pluralisme yang dianggap tidak sejalan dengan
agama Islam. [3] Multikulturalisme kritis adalah sebuah terobosan baru dan juga
paradigma baru di UMK yang sulit mucul di permukaan karena mengalami tekanan
secara struktural.
Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2020-07-17
Issue
Section
Artikel
License
Authors who publish with the Civics Education and Social Science Journal (CESSJ) agree to the following terms:
- The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.