SOCIOLOGY SHORT MOVIE: KERJASAMA KONKRET DAN PENDORONG MINAT BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.32585/cessj.v2i1.765Abstract
Tulisan ini dilatari oleh program literasi digital abad 21 dan era industri 4.0.Kondisi yang menuntut inovasi pembelajaran digital agar siswa mampu
menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. Apabila guru sebagai garda
terdepan dalam proses pembelajaran hanya menggunakan pembelajaran
konvensional – ceramah, tidak link and match dengan perkembangan zaman, maka
kemampuan guru akan terlampaui oleh siswa di era milenium ini. Sociology Short
Movies (SOSMOV) hadir sebagai solusi pembelajaran yang inovatif dan inspiratif
sekaligus penyesuaikan dengan perkembangan teknologi saat ini yang kian
canggih. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini menggunakan pendekatan kualitatif.
Secara umum, PTK adalah penelitian tindakan (action research) yang
dilaksanakan oleh guru di dalam kelas. Tujuannya untuk meningkatkan dan atau
memperbaiki kualitas pembelajaran di sekolah, meningkatkan relevansi, mutu,
serta efisiensi pengelolaan pendidikan. Penelitian SOSMOV ini termasuk
penelitian tindakan kelompok (collaborative action research) dan menggunakan
PTK model Kurt Lewin. Proyek pembuatan film ini melibatkan penguasaan konten,
komitmen, dan kerjasama kelompok. Persamaan kepentingan, cukup pengetahuan
(stock of knowledge) dan pengendalian terhadap diri sendiri (self control).
Implikasinya interaksi sosial diantara anggota kelompok menjadi lebih dalam dan
siswa belajar memahami perbedaan karakter satu sama lain. Fungsi laten proses
pembuatan SOSMOV yaitu terciptanya solidaritas kelompok yang positif,
keterampilan komunikasi, serta meningkatnya minat belajar siswa terhadap
sosiologi. Kerjasama dan peningkatan minat belajar itulah yang dibangun dalam
proses pembuatan SOSMOV.
Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2020-06-30
Issue
Section
Artikel
License
Authors who publish with the Civics Education and Social Science Journal (CESSJ) agree to the following terms:
- The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.