MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGAJUKAN PENDAPAT DALAM PEMBELAJARAN KEWARGANEGARAAN MATERI PERLINDUNGAN DAN PENEGAKAN HAM MELALUI PENGGUNAAN METODE DISKUSI BAGI SISWA KELAS VII SMPN 24 SURAKARTA SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2013/2014
DOI:
https://doi.org/10.32585/cessj.v2i1.766Abstract
Tujuan dari penelitian ini membina anak didik agar suka mendengarkan pendapatorang lain sekalipun berbeda dengan pendapat sendiri, membiasakan bersikap
toleran. Subjek penelitian adalah siswa kelas tujuh A berjumlah 32 siswa, bertempat
di SMP Negeri 24 surakarta pada semester dua tahun 2014 (selama 6 bulan ).
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan netode penelitian tindakan kelas
yang terdiri dari dua siklus. Siklus pertama diskusi dalam kelompok besar dan
siklus kedua diskusi dalam kelompok kecil. Langkah-langkah dalam setiap siklus
terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan
(observing) dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data melalui observasi
dengan menggunakan alat skala penilaian (checklist) untuk mengamati proses
diskusi tentang kemampuan siswa dalam berpendapat dan juga menggunakan
angket untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap penggunaan metode
diskusi.Cara menganalisa data menggunakan analisis diskriptif kualitatif
berdasarkan hasil observasi dan refleksi.Hasil yang diperoleh membuktikan bahwa
dengan berdiskusi baik dalam kelompok kecil maupun dalam diskusi kelompok
besar dalam pembelajaran Kewarganegaraan terjadi kenaikan kemampuan dalam
berpendapat. Kondisi awal siswa aktif dalam berpendapat + 4 siswa dari 32 siswa
atau 12,5%. Pada siklus pertama siswa yang aktif menjadi 15 siswa atau 46,88 %,
terjadi kenaikan 34,38%. Dan siklus dua siswa yang aktif menjadi 21 siswa atau
65.63 %, terjadi kenaikan 18,75% dari siklus pertama. Kondisi awal dibandingkan
dengan siklus dua terjadi kenaikan sebesar 53,13%.
Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2020-06-30
Issue
Section
Artikel
License
Authors who publish with the Civics Education and Social Science Journal (CESSJ) agree to the following terms:
- The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.