PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PPKNPOKOK BAHASAN PROSES PILKADES MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SIMULASI PADA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI 03 PUCANGAN KECAMATAN KARTASURA KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2019-2020
DOI:
https://doi.org/10.32585/cessj.v2i1.768Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan prestasi belajarmata pelajaran PPKn dengan materi Pilkades dengan menerapkan metode simulasi
bagi siswa kelas VI SD Pucangan 03 Kecamatan kartasura kabupaten Sukoharjo
Tahun Pelajaran 2019-2020. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan
subjek penelitiannya guru dan siswa kelas VI SD negeri pucangan 03, dan objeknya
adalah Pilkades dan metode simulasi. Metode pengumpulan data menggunakan :
observasi, tes, dan dokumentasi, Validitas data menggunakan trianggulasi sumber
dan metode. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kuantitatif dan
kualitatif. Hasil penelitian berdasarkan data awal diketahui banyak siswa yang
mendapatkan skor di bawah KKM ketika diberikan pembelajaran PPKn materi
Pilkades dengan menggunakan metode ceramah, selanjutnya dilakukan tindakan 1
hasilnya ada peningkatan yang signifikan tetapi kurang maksimal, selanjutnya
dilakukan tindakan ke dua hasilnya sangat optimal. Kesimpulannya bahwa
penggunaan metode simulasi dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran
PPKn dengan materi Pilkades bagi siswa kelas VI SD Pucangan 03 Kecamatan
kartasura kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2019-2020
Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2020-06-30
Issue
Section
Artikel
License
Authors who publish with the Civics Education and Social Science Journal (CESSJ) agree to the following terms:
- The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.