IMPLEMENTASI KURIKULUM CAMBRIDGE PADA MATAPELAJARAN SCIENCE di SD AL-MUKHLISUN
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan pelaksanaan kurikulum Cambridge pada pelajaran sains. Metode penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Alat yang digunakan untuk mengambil data yaitu dengan wawancara, observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian bahwa diawal pembelajaran sekolahan melakukan sosialisasi kepada guru terkait dengan penerapan kurikulum cambridge yang bertujuan supaya guru lebih siap dalam menyiapkan semua perangkat yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran. Untuk perencanaan pembelajaran yang digunakan oleh guru science sudah baik dimana guru sudah menyiapkan frame work (silabus) dan lesson plan (RPP) serta sekolahan sudah menyiapkan sumber belajar yang diperlukan selama pembelajaran. Untuk pelaksaan pembelajaran guru menggunakan pendekatan pemecahan masalah dengan menitik beratkan pada aktivitas dan keterlibatan siswa selama proses pembelajaran. Untuk evaluasi pembelajaran yang dilakukan yaitu ulangan harian, ujian tengah semester, ujian akhir semester dan evaluasi check progression test (CPT) dan checkpoint yang diadakan untuk kelas 6 untuk mengukur dan memetakan kompetensi peserta didik khusus dari Cambridge. Hambatan yang muncul selama proses pembelajaran yaitu lemahnya kemampuan bahasa inggris siswa sehingga guru dalam mengajar harus menggunakan dua bahasa.
Keywords
Full Text:
RemoteReferences
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawalli Pers
Diocolano. N. G dan Nafiah. 2019. Implementasi Kurikulum Cambridge di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar. 7 (1): 38-45
Hasanah. Uswatun. 2019. Model Integrasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Cambridge di Sekolah Dasar. Al-Ibtida: JUrnal Pendidikan Guru MI. Vol. 6 No. 2: 144-158
Kirom Askhabul. 2017. Peran Guru dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural. Jurnal Pendidikan Agama Islam 3 (1): 69-80
Khairunnisa. 2017. Peran Guru Dalam Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan.: 413-416
Kusumawati, Y. 2019. Implementasi Kurikulum Cambridge Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Prosiding Seminar Nasional “Penguatan Karakter Berbasis Literasi ajaran Tamansiswa Menghadapi Revolusi Industri 4.0”: Yogyakarta 28 September 2019
Lestari, N. D. 2018. Analisis Penerapan Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Ekonomi di SMA Negeri se-Kota Palembang. Jurnal Neraca. 2 (1): 68-79
Mahiran. 2017. Evaluasi Belajar Peserta Didik (Siswa). Jurnal Idaarah. Vol I No 2: 257-267
Mursalin, Sulaiman dan Nurmasyitah. 2017. Peran Guru Dalam Pelaksanaan Manajemen Kelas di Gugus Bungong Seulang Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyah. Vol 2 No. 1:105-114
Nafisah, N. F. 2018. Implementasi Kurikulum Cambridge di Sekolah Dasar Internasional Al-Abidin Surakarta dan Sekolah Dasar Integral Walisongo Sragen. Jurnal Studi Islam. 19 (2): 154-162
Rahayu, E, et al. 2012. Achievement Of Biologi Using Question Student Have Active Learning Observed From Lerning Activity Of Student’s On XI IPA Grade Of SMA Negeri 1 Sukoharjo. Jurnal Pembelajaran Biologi. 1 (1) : 1-12
Rusman. 2016. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Sarmini. 2010. Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Ipa Biologi Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Bagi Siswa Kelas VII F Di SMP Negeri 6 Semarang. Jurnal Media Penelitian Pendidikan. 5 (2) : 1-18
Suryanti, et al. 2006. Pembelajaran Konstekstual Sebagai Upaya Mengatasi Ksulitan Siswa Kelas V SD Laboratorium Unesa Dalam Memahami Materi Panas: Jurnal Pendidikan Dasar. 7 (1): 50-60
Widjanarko, J dan Budiyono. 2018. Implementasi Kurikulum Cambridge Dalam Pembelajaran Matematika. JPGSD. 6 (6): 1030-1039
DOI: https://doi.org/10.32585/dikdasbantara.v5i2.2490
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Dikdas Bantara
Universitas Veteran Bangun Nusantara
Jl. Letjend. S. Humardani No. 1 Sukoharjo, Central Java, Indonesia
Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Based on a work at http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/dikdasbantara