Optimalisasi Kegiatan Laboratorium dan Kegunaan KIT Praktikum IPA Fisika bagi Guru-guru IPA Terpadu di SMPN. 8 Kota Kupang

Authors

  • Isabel Coryunitha Panis Universitas Katolik Widya Mandira
  • Rosenti - Pasaribu Universitas Katolik Widya Mandira

DOI:

https://doi.org/10.32585/educate.v2i1.2364

Keywords:

Optimalisasi, KIT Praktikum, Fisika, SMPN

Abstract

Kesadaran akan peran seorang pendidik, khususnya dosen, perlu mengembangkan diri melalui kegiatan tridharma perguruan tinggi, salah satunya adalah pengabdian kepada masyarakat. Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, dirancang suatu kegiatan yakni pengoptimalan laboratorium melalui pelatihan penggunaan kit praktikum di SMPN. 8 Kota Kupang. Pelatihan ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan guru SMP untuk melakukan demonstrasi dan percobaan fisika di sekolah. Selain itu, guru di SMPN. 8 Kota Kupang diharapkan semakin kreatif dalam menyampaikan materi melalui kit praktikum yang telah tersedia di sekolah. Rancangan kegiatan optimalisasi laboratorium melalui pelatihan penggunaan kit praktikum dilakukan di SMPN. 8 Kota Kupang didasari dari hasil observasi serta diskusi dengan guru IPA Terpadu dan kepala sekolah. Pada saat diskusi, para guru IPA Terpadu mengungkapkan bahwa perlu dilakukan pelatihan untuk menggunakan kit praktikum fisika yang tersedia di sekolah, karena guru- guru IPA terpadu tidak semua berasal dari dasar pendidikan fisika, namun ada juga dari biologi. Oleh karena itu, Program Studi Fisika akan melakukan suatu kegiatan pelatihan penggunaan kit praktikum fisika di sekolan SMPN. 8 Kota Kupang, yang diharapkan dapat membantu pengembangan sekolah tersebut

References

Allen, D., & Hodson, R.C. (2004). Crops of the future: A problem-based learning exercise for the laboratory. Proceedings of the 25th Workshop/Conference of the Association for Biology Laboratory Education, 199-218.

Bahri, N.A., Azli, N.A., & Samah, N.A. (2012). Problem-based learning laboratory (pblab): facilitators’ perspective on rubric assessment. International Conference on Teaching and Learning in Higher Education in conjunction with RCEE & RHED. Diakses pada tanggal 28 Juli 2015 dari http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1877042812040979

Finkelstein, N.D. (2004). Teaching and learning physics: A model for coordinating physics instruction, outreach, and research. Department of Physics University of Colorado, Boulder. Diakses tanggal 28 Juli 2015 dariwww.colorado.edu/physics/EducationIssues/.../JoSoTL_Finkelstein.pdf

Kementerian Pendidikan dan kebudayaan Indonesia (2013), Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam, Kelas VII, Kementerian Pendidikan dan kebudayaan Indonesia, Jakarta, 2013.

Kholifudin, M. 2013. “Pembelajaran Fisika Berbasis Proyek Pembuatan Alat Resonansi Bunyi dari Lampu Neon Bekas Untuk Membentuk Kerja Ilmiah Dan Sikap Ilmiah PAda Siswa”. Prosiding Pertemuan Ilmiah XXVII HFI Jateng dan DIY, Solo 23 Meret 2013, ISSN: 08530823.

Purwanto, E., Parmin., Paniati, E. 2013. “Model Analisis Evaluasi Diri Untuk Mengembangkan Kemampuan MAhasiswa Calon Guru IPA Dalam Merancang Pengembangan Laboratorium Di Sekolah”. Semarang: Jurnal Pendidikan IPA Indonesia FMIPA UNNES,.

Robertson, W. 2013. “Jawaban Untuk Pertanyaan Sains”. Jakarta: Indeks

Serway, R., Jeweet, J. 2009. “Fisika Untuk Sains Dan Teknik”. Jakarta: Salemba Teknika.

Subiantoro, A. 2013. “Pentingnya Praktikum Dalam Pembelajaran IPA”. Yogyakarta: Makalah Pelatihan Pengembangan Praktikum IPA Berbasis Lingkungan Bagi Guru MGMP IPA SMP Kota Yogyakarta Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA UNY.

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Panis, I. C., & Pasaribu, R. .-. (2022). Optimalisasi Kegiatan Laboratorium dan Kegunaan KIT Praktikum IPA Fisika bagi Guru-guru IPA Terpadu di SMPN. 8 Kota Kupang. Educate: Journal of Community Service in Education, 2(1), 8–15. https://doi.org/10.32585/educate.v2i1.2364

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)