Pendampingan Futsal Putri Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan Rekreasi Universitas Negeri Gorontalo pada Turnamen Karang Taruna Hutabohu

Authors

  • joni taufik hidayat Universitas Negeri Gorontalo
  • Juni Isnanto
  • Sulasikin Sahdi Kadir
  • Mallisa Srinia Putri

DOI:

https://doi.org/10.32585/educate.v3i1.3819

Abstract

ABSTRAK

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk melaksanakan salah satu Tridharma Perguruan Tinggi, dapat memotivasi mahasiswa dapat meningkatkan prestasinya dalam kejuaraan olahraga futsal. Permasalahan utama yang dihadapi oleh  mitra adalah,  dalam melakukan  kegiatan  futsal  belum  memiliki  tim  dan pelatih  yang  kompetensinya  sesuai  dengan  ilmu  kepelatihan  futsal.  belum memiliki kemampuan dalam menyusun program latihan futsal yang baik kepada tim Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Rekreasi Universitas Negeri Gorontalo PUTRI Club. Masih kurangnya fasilitas latihan yang ada dalam menunjang proses latihan yang baik, dan sarana pendukungnya. Tersedianya sarana latihan futsal yang standard sesuai dengan ketentuan. Mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan olahraga  semakin  banyak.  Metode  yang digunakan  untuk  mencapai  tujuan  dari kegiatan ini  adalah 1).  Focus  Group  discussion,  2).  Coaching  clinic  penyusunan program latihan dan 3). Pendampingan tim futsal dalam kejuaraan secara intensif.

Kata kunci: Futsal; Kejuaraan; Pendampingan

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk melaksanakan salah satu Tridharma Perguruan Tinggi, dapat memotivasi mahasiswa dapat meningkatkan prestasinya dalam kejuaraan olahraga futsal. Permasalahan utama yang dihadapi oleh  mitra adalah,  dalam melakukan  kegiatan  futsal  belum  memiliki  tim  dan pelatih  yang  kompetensinya  sesuai  dengan  ilmu  kepelatihan  futsal.  belum memiliki kemampuan dalam menyusun program latihan futsal yang baik kepada tim Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Rekreasi Universitas Negeri Gorontalo PUTRI Club. Masih kurangnya fasilitas latihan yang ada dalam menunjang proses latihan yang baik, dan sarana pendukungnya. Tersedianya sarana latihan futsal yang standard sesuai dengan ketentuan. Mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan olahraga  semakin  banyak.  Metode  yang digunakan  untuk  mencapai  tujuan  dari kegiatan ini  adalah 1).  Focus  Group  discussion,  2).  Coaching  clinic  penyusunan program latihan dan 3). Pendampingan tim futsal dalam kejuaraan secara intensif.

Kata kunci: Futsal; Kejuaraan; Pendampingan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Didik Purwanto, Marhadi, Kamarudin, Addriana Bulu Baan,Ardiansyah D. Kandupi, (2022) Pendampingan Tim Bola Voli Universitas Tadulako Pada Kejuaraan Gubernur Cup III Antar Klub Se-Sulawesi Tengah. Vol. XX No. XX

Harsono, 2015. Teori dan Metodologi Kepelatihan Olahraga. Bandung PT Remaja Rosda karya.

KBBI. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Pusat Bahasa Kementerian Pendidikan Nasional

Kemenpora. (2022). UNDANG-UNDANG RI. No 11 Tahun 2022. Tentang KEOLAHRAGAAN. SK No 081475 A

Mielke, Danny. 2007. Dasar- Dasar Sepakbola. Bandung: Pakar Raya.

Lumintuarso, Ria. 2013. Teori Kepelatihan Olahraga. Jakarta: Langkor

Lutan, Rusli. (2013). Pedoman Perencanaan Pembinaan Olahraga.Asisten Deputi Penerapan IPTEK Keolahragaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Nurhasan. (2001). Tes dan Pengukuran dalam Pendidikan Jasmani. Jakarta: Direktorat Jenderal Olahraga.

Luxbacher, Joseph A, 2011. Sepak Bola. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Tim. (2022). PeraturanPertandingan futsal Nasional. Gorontalo

Ungurean, B. C., & Puni, A.-R. (2019). "Optimizing the Contents of Training for the Men’S Representative Volleyball School Team ". Series IX: Sciences of Human Kinetics, 12(61)(1), 179–186. https://doi.org/10.31926/but.shk.2019.12.61.27. Diakses pada tanggal 25/06/2022.

Published

2023-06-28

How to Cite

hidayat, joni taufik, Isnanto, J., Sahdi Kadir, S., & Srinia Putri, M. (2023). Pendampingan Futsal Putri Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan Rekreasi Universitas Negeri Gorontalo pada Turnamen Karang Taruna Hutabohu. Educate: Journal of Community Service in Education, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.32585/educate.v3i1.3819

Issue

Section

Artikel