Pelatihan Guru Sekolah Dasar dalam Menyusun Bahan Ajar Digital Interaktif Terintegrasi AI Berbasis Kearifan Lokal

Authors

  • Wiwik Mardiana Universitas Islam Majapahit, Indonesia
  • Taswirul Afkar Universitas Islam Majapahit, Indonesia
  • Yanuarini Nur Sukmaningtyas Universitas Islam Majapahit, Indonesia
  • Andri Yulia Anggraini Universitas Islam Majapahit, Indonesia
  • Rizky Yanuar Universitas Islam Majapahit, Indonesia
  • Nur Kholis Majid Universitas Islam Majapahit, Indonesia

Abstract

Sebagian besar pendidik sekolah dasar masih menghadapi hambatan dalam literasi digital dan penerapan alat-alat berbasis Artificial Intelligence (AI). Inisiatif kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di SDN Mojosari untuk membekali dan membimbing guru dalam pembuatan materi pembelajaran digital interaktif yang terintegrasi dengan AI dan diperkaya dengan kebijaksanaan budaya lokal. Pelatihan mencakup pengenalan teknik prompt engineering AI, integrasi nilai-nilai budaya ke dalam desain pembelajaran, dan penggunaan platform Book Creator untuk pengembangan konten digital multimodal dan interaktif. Hasil menunjukkan bahwa 100% peserta berhasil menghasilkan bahan ajar interaktif yang terintegrasi dengan AI dan mengandung unsur kebijaksanaan lokal. Kegiatan ini menunjukkan bahwa pelatihan sistematis, bimbingan berkelanjutan, dan pendekatan yang relevan secara kontekstual secara signifikan meningkatkan kemampuan, kreativitas, dan kepercayaan diri pendidik dalam memanfaatkan AI untuk menciptakan sumber daya digital yang responsif secara budaya.

Kata Kunci: Artificial Intelligence, Bahan ajar digital interaktif, Book creator, Kearifan lokal, Kegiatan pengabdian kepada masyarakat

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-12-25

How to Cite

Mardiana, W., Afkar, T., Sukmaningtyas, Y. N., Anggraini, A. Y., Yanuar, R., & Majid, N. K. (2025). Pelatihan Guru Sekolah Dasar dalam Menyusun Bahan Ajar Digital Interaktif Terintegrasi AI Berbasis Kearifan Lokal. Educate: Journal of Community Service in Education, 5(2), 114–123. Retrieved from https://journal.univetbantara.ac.id/index.php/educate/article/view/7580

Issue

Section

Artikel