PENERAPAN METODE ASSOCIATION RULE - MARKET BASKET ANALYSIS UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING TOKO SWALAYAN KECIL

Authors

  • Muhamad Soleh STT Wiworotomo Purwokerto
  • Nurul Hidayati Program Studi Teknik Industri, Sekolah Tinggi Teknik Wiworotomo Purwokerto
  • Febri Dwi Muji Krisdian Program Studi Teknik Industri, Sekolah Tinggi Teknik Wiworotomo Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.32585/japti.v2i1.1469

Abstract

Setiap pelaku usaha dalam menjalankan usahanya tentu menginginkan keuntungan yang optimal dengan biaya yang seminimal mungkin. Untuk mencapai hal tersebut, pengusaha harus bisa menjalankan usahanya secara efektif dan efisien. Salah satu cara untuk mendapatkan strategi yang efektif adalah dengan memahami karakteristik pelanggan dalam berbelanja. Market Basket Analysis (MBA) digunakan untuk mengetahui pola belanja kosumen dengan menemukan aturan assosiatif antara suatu kombinasi item (item set) yang dihitung dengan metode Association Rule. Aturan- aturan asosiasi ini akan sangat berguna dalam menentukan strategi bisnis seperti mendesain katalog, menata layout, serta merancang kampanye pemasaran dan promosi. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan 400 sampel transaksi selama sebulan. Association Rule dapat diterima jika nilai lift ratio lebih besar dari 1. Item set yang didapatkan dari pengolahan data menggunakan software Rapid Miner dapat digunakan sebagai acuan untuk pemilik toko dalam membuat strategi promo, diskon untuk produk – produk yang jarang terbeli dan menata produknya yang memungkinkan pelanggan lebih mudah dalam menemukan produk yang ingin dibeli dan membeli produk lebih banyak dengan cara meletakan produk – produk yang memiliki asosiasi kuat secara berdekatan.

 

Kata kunci: Association Rule, Market Basket Analysis, Ritel, Pemasaran, Layout, data mining.

References

Aprilla C.D., Donny, A.B., Lia, A., I Wayan, S.W., (2013). Belajar Data Mining dengan RapidMiner. Jakarta : Gramdia Pustaka Utama.

Despitaria, Sujaini, H., & Tursina. (2016). Analisis asosiasi pada transaksi obat menggunakan data mining dengan algoritma a priori. JUSTIN (Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi), 4(2), 1–6.

Farkhan. (2008). Desain Ulang Tata Letak Di Toko Buku Ramadhan Agency Melalui Pendekatan Perilaku Konsumen Dengan Metode Market Basket Analysis. Volume 5 No.1. Universitas Brawijaya.

Fachrul, K., Umayah, B., Hammad, J., Nugroho, S.M.S., Hariadi, M. (2018). Market Basket Analysis to Identify Customer Behaviors by Way of Transaction Data, Knowledge Engineering and Data Science (KEDS), Vol 1, No 1, January 2018, pp. 20–25.

Gunadi, G. & Dana, I., S. (2012). Penerapan metode Data Mining Market Basket Analysis Terhadap Data Penjualan Produk Buku Dengan Menggunakan Algoritma Apriori dan Frequent Pattern Growth (FP-Growth) : Studi kasus Percetakan PT. Gramedia. Jurnal Telematika Mkom, Vol.4, pp. 118-132.

Han, J., Kamber, M., & Pei, J. (2001). Data Mining: Concepts And Technologies. Data Mining Concepts Models Methods & Algorithms, 5(4), 1-18.

Han, J., Micheline, K., & Jian P. (2012). Data Mining : Concepts and Techniques Third Edition. Amerika Serikat : Morgan Kaufmann. Heizer, J., Render, B. (2004). Principios De Administración De Operaciones. Pearson Educación.

Heizer, J., & Render, B. (2004). Principios De Administración De Operaciones. Pearson Educación.

Kaur, K., Kang, S. (2016). Market Basket Analysis: Identify the changing trends of market data using association rule mining. Procedia Computer Science 85, pp. 78 – 85.

Radhiaty, R., Husufa, N., Letik, J. D., & Wicaksana, I. (2009). Personifikasi Web E-Commerce Menggunakan Basket Algoritma Dari Data Mining. Proceeding PESAT (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitektur &Sipil).

Rina, H., Amroni, Pareza, A.J. (2017). Perancangan Market Basket Analysis Menggunakan Association Rule untuk Pendukung Keputusan Promosi pada Sistem Penjualan Sun Young Cell, PROCESSOR Vol. 12, No. 1, pp. 964-973.

Safa’atillah, N. (2017). Analisis Pengaruh Faktor Price Discount ,Bonus Pack dan Brand Image Terhadap Konsumen dalam Melakukan Impulse Buying pada Produk Oriflame di Kota Lamongan, Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen, Volume II No. 3, pp. 483- 493.

Selpi, Y. (2018). Keberadaan Mini Market Alfamart dan Indomaret Kaitannya dengan Tingkat Penghasilan Pedagang Tradisional di Wilayah Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasi Sumatera Selatan, Jurnal Swaarnabhumi, Vol.3, No 1. Pp. 67 – 76.

Ulmer, D. (2002). Mining an Online Auctions Data Warehouse. In The Mid Atlantic Student Workshop on Programming Languages and Systems (Vol. 19).

Winarno, S. (1998). Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar. Bandung: Tarsito.

Published

2021-07-21

How to Cite

Soleh, M., Hidayati, N., & Krisdian, F. D. M. (2021). PENERAPAN METODE ASSOCIATION RULE - MARKET BASKET ANALYSIS UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING TOKO SWALAYAN KECIL. Jurnal Aplikasi Ilmu Teknik Industri (JAPTI), 2(1), 1–9. https://doi.org/10.32585/japti.v2i1.1469

Issue

Section

Artikel