PENDEKATAN LEAN HEALTHCARE UNTUK MEMINIMASI WAKTU TUNGGU PELAYANAN RAWAT JALAN DI FASILITAS KESEHATAN

Authors

  • Roselina Dwi Nuraina Program Studi Teknik Industri, Universitas Islam Sultan Agung
  • Nuzulia Khoiriyah Program Studi Teknik Industri,Universitas Islam Sultan Agung
  • Nurwidiana Nurwidiana Program Studi Teknik Industri,Universitas Islam Sultan Agung

DOI:

https://doi.org/10.32585/japti.v2i1.1487

Abstract

Standar waktu pelayanan yang telah ditetapkan pemerintah dalam surat keputusan Menteri Kesehatan No.129/MENKES/SK/II/2008 Tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit yaitu standar pelayanan rawat jalan dengan waktu tunggu  ? 60 menit. Berdasarkan indikator waktu tunggu di rawat jalan, waktu tunggu pelayanan adalah waktu yang diperlukan mulai pasien mendaftar sampai dipanggil untuk dilayani oleh dokter. Permasalahan yang diketahui pada salah satu fasilitas kesehatan adalah lamanya waktu tunggu pelayanan melebihi 60 menit yaitu 2 jam 48 menit. Lamanya waktu tunggu pelayanan dikarenakan terdapat aktivitas – aktivitas yang tergolong dalam pemborosan. Analisa dan usulan dilakukan penerapan lean healthcare, value stream mapping serta root cause analysis dengan usulan perbaikan dengan rappid process improvement workshop (hanya sampai tahap planning). Diketahui akar penyebab pemborosan karena adanya double job, lamanya proses pengisian dan pencarian rekam medis, proses pencarian kembali rekam medis yang tidak ada, adanya tumpukan lembaran rekam medis baru dan nota pembayaran yang melebihi kapasitas penyimpanan. Diusulkan menggunakan rapid process improvement workshop menggunakan perhitungan workload indicator staff need yaitu menambahkan 2 petugas pada pengambilan nomor antrian dan 3 petugas pada registrasi, serta mengganti bentuk cetakan nomor pendaftaran, menggunakan sistem paperless, mengadakan intercom tiap departemen dan menambahkan infromasi secara visual pada ruangan rawat jalan. Setelah dilakukan pembuatan future state mapping dan diketahui total leadtime 9345,54 dengan value added time 196,54 detik, non value added time 9085 detik, dan necessary but non value added time 70 detik. Dan presentase process cycle efficiency menjadi 2,10%.  

Published

2021-07-21

How to Cite

Nuraina, R. D., Khoiriyah, N., & Nurwidiana, N. (2021). PENDEKATAN LEAN HEALTHCARE UNTUK MEMINIMASI WAKTU TUNGGU PELAYANAN RAWAT JALAN DI FASILITAS KESEHATAN. Jurnal Aplikasi Ilmu Teknik Industri (JAPTI), 2(1), 10–21. https://doi.org/10.32585/japti.v2i1.1487

Issue

Section

Artikel