ANALISIS BULLWHIP EFFECT PADA PENGADAAN KAIN BATIK DI CV. BATIK GEMAWANG
DOI:
https://doi.org/10.32585/japti.v2i1.1497Abstract
Persaingan bisnis pada era zaman modern semakin ketat. Terutama pada bisnis produksi kain batik yang dapat bersaing sampai saat ini. Dalam supply chain terdapat kelemahan yaitu adanya perbedaan antara permintaan dan penjualan atau bullwhip effect. CV Batik Gemawang merupakan perusahaan yang memproduksi batik. Dalam pengadaan kain batik di toko Bawen dan toko Banaran tidak melihat stock yang masih tersedia, namun terus menambah stock meskipun penjualannya sedikit. Menganalisis bullwhip effect pada pengadaan kain Batik Gemawang merupakan tujuan dari penelitian ini. Pendekatan yang dilakukan yaitu kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi di lapangan dan mengumpukan dokumentasi yang ada di perusahaan. Material data yang diambil merupakan data pengadaan dan penjualan dari bulan Juni 2019 sampai Bulan Mei 2020. Perhitungan dilakukan dengan perhitungan manual dan menggunakan microsoft excel 2010. Hasil dari penelitian diperoleh nilai bullwhip effect periode Juni 2019 sampai Mei 2020 pada toko Bawen sebesar 3,2308 dan pada toko Banaran sebesar 2,2108. Nilai Bullwhip Effect kedua toko tersebut hasilnya lebih banyak daripada nilai parameter yang sudah ditentukan, sehingga mengalami penyimpangan yang jauh antara pengadaan dengan penjualan atau yang dinamakan dengan fenomena Bullwhip Effect. Nilai bullwhip effect kedua toko tersebut hasilnya lebih banyak daripada nilai parameter (1,0056) sehingga mengalami bullwhip effect. Hasil peramalan pada Toko Bawen dan Banaran berturut-turut yaitu 5,88763 pcs dan 3,52259 pcs.
Downloads
References
Anggraeni, S., Rahayu, S. R. and Kirana, A. J. (2017) ‘Analisis Dan Perancangan Sistem Penjualan Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Terhadap Pelanggan Dengan Perbaikan Sistem Akuntansi Penjualan (Studi Kasus PT Indomarco Bandung)’, JURNAL AKUTANSI, AUDIT DAN SISTEM INFORMASI AKUTANSI (JASa), 1(1), pp. 60–69.
Bestariani, R. (2019) ‘Evaluasi Rantai Pasok Menggunakan Perhitungan Bullwhip Effect Pada Produk Springbed Di Ritel Ardhie Putra Furniture’, pp. 144–148.
Dewi, F. R. and Garside, A. K. (2016) ‘Pengurangan Bullwhip Effect dengan Metode Vendor Managed Inventory’, Jurnal Optimasi Sistem Industri, 14(2), pp. 292–298. doi: 10.25077/josi.v14.n2.p292-298.2015.
Hariadi, A. (2019) ‘Pengurangan Bullwhip Effect Pada Rantai Pasok Level Distributor Di UD. Milan Furniture’, pp. 1–6.
Hayati, E. N. (2014) ‘SUPPLY CHAIN MANAGEMENT (SCM) DAN LOGISTIC MANAGEMENT’, Jurnal DINAMIKA TEKNIK, 8(1), pp. 25–34.
Hikmawati, E. (2019) ‘SISTEM INFORMASI MONITORING PENGADAAN & PENJUALAN OBAT PADA APOTEK PUSAT DAN CABANG’, Jurnal Ilmiah Nasional Riset Aplikasi Dan Teknik Informatika, 2(3), pp. 1–8.
Rahmasari, L. (2011) ‘Pengaruh Supply Chain Management Terhadap Kinerja perusahaan dan Keunggulan Bersaing (Studi Kasus pada Industri Kreatif di Provinsi Jawa Tengah)’, 2(3), pp. 89–103.
Rawindadefi, N. and Hendayani, R. (2015) ‘Analisis Bullwhip Effect Pada Rantai Pasok Batik Kalistania Solo’, XVII(2), pp. 144–152.
Susilo, C. B. R. and Kristyanto, B. (2017) ‘Analisa Bullwhip Effect Dengan Metode Periodeic Review’, pp. 159–166.
Yulius, H., Meri, M. and Mardian, I. (2018) ‘Analisa Bullwhip Effect Pada Supply Chain Permintaan Telur Ayam Di PT. Agung Abadi Putra Mandiri’, Seminar Nasional Energi & Teknologi, pp. 199–204.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The copyright to this article is transferred to Jurnal Aplikasi Ilmu Teknik Industri (JAPTI) if and when the article is accepted for publication under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to Jurnal Aplikasi Ilmu Teknik Industri (JAPTI). The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.