STRATEGI PENGEMBANGAN DESTINASI WISATA DANAU LAET MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN QSPM

Authors

  • Febri Prima Jurusan Teknik Industri, Universitas Tanjungpura, Pontianak, Kalimantan Barat
  • Eddy Kurniawan Jurusan Teknik Mesin, Universitas Tanjungpura, Pontianak, Kalimantan Barat
  • Wahyu Wulan Sari Jurusan Teknik Industri, Universitas Tanjungpura, Pontianak, Kalimantan Barat

DOI:

https://doi.org/10.32585/japti.v2i1.1499

Abstract

Danau Laet memiliki wisata alam yang sangat potensial untuk dikembangkan. Banyak wisatawan yang berkunjung untuk menikmati atraksi yang ditawarkan, pemandangan alam yang indah dan spot-spot menarik untuk berfoto. Namun didalam pengelolaannya, masih terdapat beberapa kelemahan seperti aksesibilitas infrastruktur yang belum memadai dan strategi pemasaran yang belum maksimal.  Penelitian ini bertujuan untuk 1). Mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dalam pengembangan objek wisata. 2).Menentukan strategi pemasaran yang tepat dalam pengembangan objek wisata. 3). Menentukan prioritas strategi terbaik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah menggunakan metode SWOT dan QSPM. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan penyebaran kuesioner. Data yang diidentifikasi meliputi faktor internal dan eksternal dimana data tersebut diolah dan dianalisis untuk menentukan strategi yang tepat dalam pengembangan wisata alam Danau Laet.  Berdasarkan hasil analisis, strategi yang tepat dalam pengembangan wisata alam Danau Laet  yaitu strategi SO. Strategi SO masuk dalam kuadran 1 dimana posisi strategi ini sangat menguntungkan karena memiliki nilai kekuatan dan peluang yang sangat besar sehingga stakeholder dapat memaksimalkan kondisi tersebut. Adapun prioritas strategi terbaik yaitu memperkenalkan pada wisatawan baik wisatqwan lokal dan asing dengan melakukan promosi yang dapat dikemas secara menarik tentunya dengan memperkenalkan keindahan objek wisata, atraksi-atraksi menarik dan informasi sarana dan prasarana yang tersedia di Wisata Danau Laet.

References

Rangkuti, Freddy., 2017. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama.

Pearce, John A, dan Robinson, Richard B., 2013. Manajemen Strategis. Jakarta Selatan; Penerbit Salemba Empat.

Sarkis, Joseph., 2003. Quantitative Models for Performance Measurement Systems- Alternate Considerations (Quantitative Strategic Planning Matrix/QSPM). International Journal of Production Economics. Vol. 86, (1), 81-90.

Published

2021-07-21

How to Cite

Prima, F., Kurniawan, E., & Sari, W. W. (2021). STRATEGI PENGEMBANGAN DESTINASI WISATA DANAU LAET MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN QSPM. Jurnal Aplikasi Ilmu Teknik Industri (JAPTI), 2(1), 50–65. https://doi.org/10.32585/japti.v2i1.1499

Issue

Section

Artikel