Rancangan Fasilitas Kerja Berdasarkan Data Antropometri Pada Proses Pembuatan Kue Bakpao Kelompok Sumberan Mentas Unggul

Authors

  • Siti Lestariningsih Program Studi Teknik Industri, Universitas Widya Mataram, D.I. Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.32585/japti.v3i1.2206

Abstract

Kelompok “SUMBERAN MENTAS UNGGUL” merupakan kelompok masyarakat desa yang melakukan aktifitas membuat berbagai makanan ringan terutama jenis kue Bakpao yang menjadi andalan dalam usahanya kelompok tersebut. Dalam proses pembuatan kue Bakpao yang telah dilakukan saat ini posisi dari mesin mixer diletakan tidak di meja jadi posisinya di bawah. Hal ini akan mengakibatkan operator mesin tersebut mengalami kesulitan dalam pengoperasiannya dan cepat lelah karena dengan posisi duduk ataupun jongkok dilantai.

Dalam penelitian ini bertujuan untuk merancang fasilitas kerja dengan menbuat meja dan kursi operator mesin tersebut dengan berdasarkan data Antropometri, agar dalam proses mixer dapat berjalan dengan baik dan operator akan nyaman saat melaksanakan pekerjaannya. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian metode kuantitatif dan klualitatif atau gabungan yaitu dengan berdasarkan data antropometri dan dengan berdasarkan metode Nordic Body Map.

Adapun hasil dari penelitian adalah dilakukannya perancang fasilitas kerja berupa pembuatan meja dan kursi operator pada proses mesin mixer dan diperoleh besarnya pengaruh perancangan fasilitas kerja terhadap tingkat ketidaknyamanan operator dalam bekerja yaitu sebanyak 75% merasakan nyaman, 17,8% merasakan nyaman serta  3,6% merasakan kurang nyaman dan tidak nyaman.

References

Frans B., dkk. 2017. Perancangan Fasilitas Kerja Yang Ergonomi Dengan Menggunakan Metode Rasional Di Dusun serdang Bedagai Provinsi Sumatra Utara. Journal of Industrial and Manufacture Engineering. Vol 1, 1-13.

Hendro H. dkk. (2016). Usulan Perancangan Fasilitas Kerja Dengan Pendekatan Ergonomi Menggunakan Metode Rapid Entire Body Assessment (REBA) Di PT Z. Jurnal Riset Industri. Vol 10. No 1, 1-11.

Hidayat, D. 2011, Perancangan Fasilitas Kerja Bagian Pengadukan Adonan Kue Secara Ergonomis Untuk Meningkatkan Produktivitas Dan Kenyamanan Operator Di “UD. Manis Wangi Ciamis”, Penelitian Tidak Diterbitkan, Universitas Widya Mataram Yogyakatra.

Nurmianto, E. 2004. Ergonomi, Konsep Dasar dan Aplikasinya, Edisi pertama, Guna Widya, Jakarta.

Sokhibi, A. 2017. Perancangan Kursi Ergonomis Untuk Memperbaiki Posisi Kerja Pada Proses Packing Jenang Kudus. Jurnal Rekayasa Sistem Industri. Vol 3. No 1, 61-72.

Suwanda, 2015, Desain Eksperimen untuk Penelitian Ilmiah, Penerbit Alfabeta, Bandung.

Tarwaka, dkk.2004. Ergonomi untuk Keselamatan, Kesehatan Kerja, dan Produktivitas. Surakarta: UNIBA Press.

Wignjosoebroto, S, 2008, Ergonomi Studi Gerak dan Waktu, Surabaya, PT. Guna Widya.

Published

2022-08-01

How to Cite

Lestariningsih, S. (2022). Rancangan Fasilitas Kerja Berdasarkan Data Antropometri Pada Proses Pembuatan Kue Bakpao Kelompok Sumberan Mentas Unggul. Jurnal Aplikasi Ilmu Teknik Industri (JAPTI), 3(1), 1–10. https://doi.org/10.32585/japti.v3i1.2206

Issue

Section

Artikel