PERANCANGAN POP UP BOOK “PROSES TERJADINYA HUJAN” BAGI PENYANDANG TUNAGRAHITA DENGAN METODE EFD

Authors

  • Hesti Hersinta Universitas Teknologi Yogyakarta
  • Citra Nurmalitasari Universitas Teknologi Yogyakarta
  • Sultan Hafian Universitas Teknologi Yogyakarta
  • Ferida Yuamita Universitas Teknologi Yogyakarta
  • Restu Nurraudah Universitas Teknologi Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.32585/japti.v3i1.2564

Abstract

SLB Negeri 1 Yogyakarta merupakan sekolah yang melayani anak-anak disabilitas di wilayah Kota Yogyakarta.Anak-anak disabilitas memiliki hak yang sama dengan dengan anak-anak normal yang lain.Penyandang disabilitas sering dipandang sebelah mata karena memiliki kekurangan diantaranya mental dan fisik.Dalam kondisi tersebut dapat membuat aktifitas sedikit berdampak kepada masyarakat atau lingkungan sekitar dan hal ini seharusnya mendapatkan perhatian atau dukungan lebih dari masyarakat.Penelitian kami tertuju pada pengidap Tunagrahita yang berkebutuhan khusus dalam kecerdasan intelektual mereka. Pop up book merupakan salah satu rancang produk disabilitas khususnya untuk tunagrahita. Serta permasalahan siswa SLB sekolah dasar tingkat kelas 6 Sekolah Dasarr dimana adanya kurang memahami tentang pembelajaran terkait pembelajarran IPA yang dimana disampaikan secara verbal dan text book.

Tujuan dari penelitian ini memberikan visualisasi 3D yang dimana memprmudah proses pembelajaran siswa SLB tingkat sekolah dasar kelas 6 tentang proses terjadinya hujan pada pembuatan ini memperhatikan keselamatan pengguna. Oleh karena itu, penelitian ini .dilakukan perancangan House .Of Ergonomic . (HOE) menggunakan metode Ergonomic .Function .Deployment (EFD) untuk menghasilkan. usulan rancangan produk yang. aman dan untuk mengetahui kriteria produk yang dibutuhkan dengan menggunakan  metode Ergonomic .Function .Deployment (EFD) pula setelah kita dapat rancangan nantinya akan merilis produk sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.Diharapkan jika produk telah dirilis akan bermanfaat bagi anak-anak penyandang tunagrahita.

 

Kata kunci: disabilitas, EFD, HOE, ergonomic

References

G. P. Liansari, A. Febrianti, and P. A. T. Gt, “Usulan Rancangan House Of Ergonomic (HOE) Produk Interior Toilet Gerbong Kereta Penumpang Kelas Ekonomi Menggunakan Metode Ergonomic Function Deployment (EFD),” J. PASTI, vol. XII, no. 1, pp. 1–15, 2018.

R. Z. Surya, R. Badruddin, and M. Gasali, “Aplikasi Ergonomic Function Deployment (EFD) pada Redesign Alat Parut Kelapa untuk Ibu Rumah Tangga,” J. Optimasi Sist. Ind., vol. 13, no. 2, p. 771, 2016, doi: 10.25077/josi.v13.n2.p771-780.2014.

R. Nasirly, L. Aqilah, and D. Syafei, “Usulan HoE Dalam Perancangan Alat Pembelah Buah Pinang Dengan Metode EFD,” Semin. Nas. Teknol. Informasi, Komun. dan Ind. 12, no. 2017, pp. 470–477, 2020.

M. S. Anggraini and H. Setiawan, “Perancangan Troli Galon Berbasis Ergonomic Function Deployment ( EFD ),” vol. 4, no. 1, pp. 20–28, 2022.

Published

2022-03-30

How to Cite

Hersinta, H., Nurmalitasari, C., Hafian, S., Yuamita, F., & Nurraudah, R. (2022). PERANCANGAN POP UP BOOK “PROSES TERJADINYA HUJAN” BAGI PENYANDANG TUNAGRAHITA DENGAN METODE EFD. Jurnal Aplikasi Ilmu Teknik Industri (JAPTI), 3(1), 52–61. https://doi.org/10.32585/japti.v3i1.2564

Issue

Section

Artikel