Optimasi Rute Distribusi Pengiriman Bahan Bakar Minyak Dengan Capacitated Vehicle Routing Problem

Authors

  • Sri Hartanti Departemen Teknik Mesin dan Industri, Universitas Gadjah Mada

DOI:

https://doi.org/10.32585/japti.v5i1.5129

Abstract

Bahan Bakar Minyak (BBM) menjadi salah satu kebutuhan sehari-hari yang harus terpenuhi sebab digunakan untuk kepentingan transportasi. Adanya peningkatan jumlah kendaraan bermotor mengakibatkan kenaikan permintaan Bahan Bakar Minyak (BBM), salah satunya di Kabupaten XYZ. Kelancaran distribusi menjadi salah kunci ketersediaan kapasitas Bahan Bakar Minyak (BBM) di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Banyaknya titik Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang harus dikunjungi menimbulkan waktu tempuh total pengiriman menjadi lebih lama. Maka perlu membuat rute yang optimal agar meminimalkan total jarak tempuh. Kelancaran dan ketepatan waktu pengiriman ini dipengaruhi oleh rute dan jarak tempuh. Tujuan penelitian ini adalah menyelesaikan permasalahan Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP) untuk penentuan rute distribusi BBM agar dapat meminimalkan total jarak tempuh Tanker Truck, menggunakan software Python. Asumsi dan Batasan penelitian ini diantaranya, jumlah permintaan yang berbeda di setiap titik Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), jumlah depot, dalam hal ini Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Pertamina berjumlah 1, dan titik Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang akan dituju disesuaikan dengan node yang tersedia pada openstreetmap. Rute yang dihasilkan merupakan rute optimal yang dapat dilalui dari Pertamina ke titik-titik SPBU di Kabupaten XYZ. Total jarak yang tempuh terpendek yang dapat dilalui oleh Tanker Truck adalah 62.912m atau sejauh 62,9km dengan membawa BBM sebesar 31.000liter untuk 7 titik SPBU tersebut

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-03-30

How to Cite

Hartanti, S. (2024). Optimasi Rute Distribusi Pengiriman Bahan Bakar Minyak Dengan Capacitated Vehicle Routing Problem . Jurnal Aplikasi Ilmu Teknik Industri (JAPTI), 5(1), 14–23. https://doi.org/10.32585/japti.v5i1.5129

Issue

Section

Artikel