Peningkatan Keterampilan Pembelajaran Melalui Pendekatan Saintifik Berbasis Lesson Study di Program Studi Pendidikan Biologi

Authors

  • Agus Purwanto Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

DOI:

https://doi.org/10.32585/.v1i1.245

Abstract

Kualitas siswa dalam Program Pendidikan Biologi Universitas Veteran Bangun Nusantara tidak dalam kualitas tertinggi. Tetapi kompetensi kelulusan standar diperlukan di tingkat yang baik. Oleh karena itu, diperlukan peningkatan keterampilan dalam kegiatan belajar. Peningkatan aktivitas pembelajaran telah dilakukan melalui pendekatan saintifik berbasis lesson study pada mata kuliah sistematika tumbuhan tinggi melalui 4 siklus. Setiap siklus memiliki tahapan perencanaan-lihat-lihat. Data diperoleh dari deskripsi tahapan plan-do-see dan analisis dilakukan secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi rencana itu layak dan teliti. Implementasi do bahwa perkuliahan dapat mengatur waktu dengan baik, memberikan motivasi dan ketepatan pada kesalahpahaman yang disampaikan oleh mahasiswa; selain itu, aktivitas belajar siswa dan kemandirian mereka selama kegiatan belajar semakin meningkat. Implementasi see dapat meningkatkan kolaborasi antar dosen dalam menyusun rencana selanjutnya. Studi ini menyimpulkan bahwa penerapan pendekatan ilmiah berdasarkan studi pelajaran dapat meningkatkan keterampilan dosen dalam melakukan kegiatan belajar siswa, meningkatkan kegiatan belajar siswa dan meningkatkan kemandirian siswa.

Kata kunci: keterampilan belajar, lesson study, pendekatan saintifik

Author Biography

Agus Purwanto, Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

References

Atwi, S.M. (2005). Pekerti Mengajar di Perguruan Tinggi Desain Instruksional. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Cerbin, W.& Kopp, B. (2006). Lesson Study as a model for building pedagogical knowledge and improving teaching. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education,18(3), 250–257.

Khaeriyah, S., Shofiyati, Maliku, A., & Yetty, D. (2011). Implementasi Lesson Studi Menerapkan Model STAD untuk Meningkatkan Interaksi. Eksplorasi, dan Motivasi Siswa Pada Bahasa Dispersi di Kelas XII IPA SMA Negeri 1 Pontianak. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 2(2), 1-11.

Mukhan, S. (2013). Karakteristik Pendekatan Scientific (Ilmiah) dalam Kurikulum 2013 dalam http://penelitiantindakankelas.blogspot.com (diakses 21 Nopember 2013).

Mukhtar, A. R. (2013). Keistimewaan dan Tantangan Lesson Study. Jakarta: Badan Litbang & Diklat Kementrian Agama RI

Mulyana, S. (2007). Lesson Study (Makalah). Kuningan: LPMP-Jawa Barat

Sudrajat, A. (2013). Pendekatan Saintifik/Ilmiah dalam Proses Pembelajaran dalam http://akhmadsudrajat.wordpress.com (diakses 21 Nopember 2013)

Published

2019-03-30

How to Cite

Purwanto, A. (2019). Peningkatan Keterampilan Pembelajaran Melalui Pendekatan Saintifik Berbasis Lesson Study di Program Studi Pendidikan Biologi. Journal of Biology Learning, 1(1). https://doi.org/10.32585/.v1i1.245

Issue

Section

Artikel