Peningkatan Keterampilan Menulis Melalui Media Foto untuk Siswa Kelas V SDN Ngepeh Kecamatan Saradan Kabupaten Madiun

Authors

  • Noffi Irma Yunita Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Madiun
  • Fida Chasanatun Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Madiun
  • Iva Yuni Listiani Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.32585/.v1i1.247

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas V SDN Ngepeh Kecamaatan Saradan, Kabupaten Madiun dalam menulis surat undangan dengan menggunakan foto.Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis data triangulasi, dan dalam kegiatan analisis dan kegiatan pengumpulan data menggunakan siklus. Berdasarkan hasil penelitian PTK adalah hasil siklus I keterampilan menulis siswa menunjukkan penguasaan subjek penelitian yaitu 59,2%. Pada siklus II hasil menunjukkan bahwa penguasaan keterampilan menulis siswa mencapai 83,2%, hasil peningkatan keterampilan menulis siklus I ke siklus II sebanyak 24%. Peningkatan kemampuan menulis surat undangan hingga ketepatan viabilitas surat yang sesuai. foto, elemen elemen kelengkapan surat, ketelitian kata sopan, ketepatan kalimat, dan penggunaan ejaan dan tata bahasa alat tulis yang tepat. Kesimpulan dari penelitian menunjukkan bahwa media foto dapat meningkatkan kemampuan menulis surat undangan siswa kelas SDN Ngepeh Kabupaten Saradan Madiun pada tahun akademik 2015/2016.

Kata kunci: Media Foto, Keterampilan Menulis

Author Biographies

Noffi Irma Yunita, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Madiun

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Madiun

Fida Chasanatun, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Madiun

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Madiun

Iva Yuni Listiani, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Madiun

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Madiun

References

Anitah, S. (2008). Media Pembelajaran. Surakarta:LPP UNS dan UNS Press.

Arikunto, S., dkk. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Angkasa.

Arikunto, S., dkk. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta:PT Rajagrafindo Persada.

Rohani, S. (2014). Media Instruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Slamet. (2014). Problematika Berbahasa Indonesia dan Pembelajarannya. Yogjakarta: Graha Ilmu.

Susanto, A. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Zulela, M. (2013). Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Published

2019-03-30

How to Cite

Yunita, N. I., Chasanatun, F., & Listiani, I. Y. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Melalui Media Foto untuk Siswa Kelas V SDN Ngepeh Kecamatan Saradan Kabupaten Madiun. Journal of Biology Learning, 1(1). https://doi.org/10.32585/.v1i1.247

Issue

Section

Artikel