KAJIAN LITERATUR FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI TEMPAT PENDAFTARAN RUMAH SAKIT
DOI:
https://doi.org/10.32585/jmiak.v4i1.1322Abstract
Kepuasan pasien merupakan nilai subyektif terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh fasyankes. Cara mengukur kepuasan antara lain sistem keluhan dan saran, survey kepuasan pelanggan, ghost shopping, dan lost costumer analysis. Sangat penting untuk mengetahui kepuasan pasien di rumah sakit karena kepuasan pasien merupakan bagian dari mutu pelayanan khususnya di tempat pendaftaran yang merupakan kontak awal seorang pasien dengan rumah sakit. Hal tersebut akan memberikan kesan pertama seorang pasien terhadap fasilitas yang diberikan. Oleh karena itu rumah sakit perlu untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan khususnya dibagian pendaftaran. Penelitian ini bertujuan untuk meganalisis berbagai faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien di tempat pendaftaran rumah sakit. Penelitian ini menggunakan metode literature review. Tahap review ini meliputi identifikasi masalah, pencarian literatur, ekstraksi data dalam matriks/tabel, penyajian data, dan evaluasi data. Hasil kajian literatur menunjukkan tidak terdapat hubungan pada jenis kelamin, pekerjaan dan pendidikan terhadap kepuasan pasien. Sedangkan pada usia, terdapat hubungan usia dengan kepuasan pasien (p-value 0.008). Hasil analisis pada kajian literatur faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien di pendaftaran yaitu waktu penyedia dokumen (p-value = 0.0001), mutu layanan (p-value = 0.000), kinerja pelayanan (p-value = 0.012) dan yaitu kecepatan pelayanan (p-value = 0.065). Selain itu terdapat faktor lain yang mempengaruhi kepuasan di bagian pendaftaran yaitu pelayanan pendaftaran, waktu tunggu, komunikasi petugas, keramahan petugas, fasilitas pendaftaran, penampilan petugas, akses pelayanan, sikap petugas dan kondisi ruang tunggu. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien. Oleh karena itu, peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengkombinasikan dari beberapa variabel untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi kepuasan.
Kata Kunci : kepuasan di pendaftaran, faktor yang mempengaruhi kepuasan, tempat pendaftaran pasien
Downloads
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
The copyright to this article is transferred to Jurnal Manajemen Informasi dan Adminstrasi Kesehatan (JMIAK) if and when the article is accepted for publication under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to Jurnal Manajemen Informasi dan Adminstrasi Kesehatan (JMIAK). The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
1. This paper has not been published in the same form elsewhere.
2. It will not be submitted anywhere else for publication prior to acceptance/rejection by this Journal.
3. A copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above mentioned paper in whole to Jurnal Manajemen Informasi dan Adminstrasi Kesehatan (JMIAK). The copyright transfer covers the right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online) or any other reproductions of similar nature. The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all co-authors. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
1. Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the work.
2. Authors may reproduce or authorize others to reproduce the work or derivative works for the author’s personal use or for company use, provided that the source and the Jurnal Manajemen Informasi dan Adminstrasi Kesehatan (JMIAK) copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies Jurnal Manajemen Informasi dan Adminstrasi Kesehatan (JMIAK)l endorsement of a product or service of any employer, and the copies themselves are not offered for sale.
3. Although authors are permitted to re-use all or portions of the work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or other types of re-use.