ANALISIS PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI PUSKESMAS DI PUSKESMAS PANGGANG II GUNUNG KIDUL

Authors

  • Imaniar Sevtiyani Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta
  • Eva Putriningrum

DOI:

https://doi.org/10.32585/jmiak.v5i2.2511

Keywords:

SIMPUS, Puskesmas

Abstract

Perkembangan teknologi dan Informasi telah merambah kesemua bidang termasuk bidang kesehatan. Puskesmas sebagai salah satu fasilitas pelayanan kesehatan primer ikut memanfaatkan perkembangan teknolgi dan informasi melalui implementasi SIMPUS. Pemanfaatan SIMPUS bertujuan untuk memudahkan tugas dan pekerjaan pengguna khususnya dalam pelayanan kesehatan sehingga dapat meningkatkan mutu pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sistem informasi puskesmas (SIMPUS) di Puskesmas Panggang II Gunung Kidul untuk mengetahui optimalisasi dan efektivitas pemanfaatan SIMPUS serta mengetahui hambatan dan kendala implementasi SIMPUS agar sesuai dengan tugas dan pekerjaan pengguna SIMPUS di Puskesmas Panggang II Gunung Kidul.

Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif observasional dengan pendekatan fenomenologi. Instrumen penelitian adalah pedoman wawancara dan lembar observasi, teknik pengambilan data dilakukan dengan wawancara kepada informan penelitian yang berjumlah 3 orang ditentukan secara purposive dan dengan melakukan observasi pada SIMPUS yang ada di Puskesmas Panggang II Gunung Kidul. Data hasil penelitian kemudian dianalisis dan ditarik kesimpulan.

Hasil penelitian ini adalah SIMPUS Puskesmas Panggang II mudah digunakan dan dipahami oleh pengguna, SIMPUS Puskesmas Panggang II bermanfaat dalam membantu tugas dan pekerjaan pengguna, SIMPUS telah termanfaatkan secara optimal oleh pengguna. Secara keseluruhan SIMPUS Puskesmas Panggang II sudah sesuai dengan tugas dan kinerja pengguna hanya saja penggunaan SIMPUS di Puskesmas Panggang II belum menyeluruh karena hanya tim pengolah data saja yang masih menggunakan dan memanfaatkan SIMPUS tersebut untuk membantu tugas dan pekerjaan mereka.

References

Al Mayzar, M.A. (2019). Tinjauan Electronic Medical Record Terhadap Kepuasan Pengguna di Puskesmas Mantrijeron Tahun 2019.

Davis, F.D. (1986). Technology Acceptance Model for Empirically Testing New End-User Information System Theory and Results. Massachussets Institute of Technology.

Davis, F.D. (1989). User Acceptance of Computer Technology: A Comparisson of Two Theoritical Models. Management Science.

Endang, fatmawati. (2015). Techmology Acceptance Model (TAM) untuk Menganalisis Penerimaan Terhadap Sistem Informasi Perpustakaan. Jurnal Iqra, 09 (01), 1-13.

Fikri, R.L. (2019). Evaluasi Penerapan Sistem Informasi Manajemen Puskesmas (SIMPUS) Melalui Metode PIECES Layanan Kunjungan Rawat Jalan Puskesmas Bogor Utara Tahun 2018. Jurnal Mahasiswa Kesehatan Masyarakat, 2(4), 294-300.

Hamberlain, Geoffrey & Morgan, Margery. 2013. ABC AsuhanAntenatal edisi 4. Jakarta: EGC.

Hatta, G. R. (2013). Pedoman Manajemen Informasi Kesehatan Di Sarana Pelayanan Kesehatan (Revisi 2). Jakarta : Universitas Indonesia.

Menkes. (2014). Nomor 75 Tentang Puskesmas. Jakarta: Menteri Kesehatan Republik Indonesia.

Menkes. (2019). Nomor 31 Tentang Sistem Informasi Puskesmas. Jakarta: Menteri Kesehatan Republik Indonesia.

Notoadmojo, S. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Restanti, A. S. (2017). Analisis End User Computing Satisfaction Pada Online Public Access Catalogue Izylib di Lingkungan Universitas Jenderal Soedirman. Journal of Library and Information Science.

Rizkita, A. (2019). Tinjauan SIMPUS terhadap Kebutuhan pelaporan SP2TP terhadap Kebutuhan Pelaporan di Puskesmas Mantrijeron Yogyakarta.

Rosalina. (2017). Pengujian Kepuasaan Sistem Informasi Menggunakan End User Computing Satisfaction. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Sabdana, I. G. (2019). Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS) Jiwa Propinsi Bali Dengan Metode End - User Computing. Jurnal Ilmu Komputer Indonesia, IV, 2.

Permenkes. (2008). Permenkes Nomor 269 Tahun 2008 tentang Rekam Medis.

Permenkes. (2014). Permenkes Nomor 75 Tahun 2014 tentang Puskesmas.

Permenkes. (2019). Permenkes Nomor 31 Tahun 2019 tentang Sistem Informasi Puskesmas.

Sudra, R. I. (2017). Rekam Medis. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Published

2022-11-18

Issue

Section

Article