KAJIAN LITERATUR KINERJA BIDAN DALAM PELAYANAN ANTENATAL CARE (ANC)
DOI:
https://doi.org/10.32585/jmiak.v5i2.2888Keywords:
Kinerja, Kinerja bidan, Antenatal careAbstract
Kinerja bidan adalah aktivitas seorang bidan di dalam menginplementasikan dengan sebaik- baiknya suatu wewenang, tugas dan tanggung jawabnya dalam rangka pencapaian tujuan tugas pokok profesi dan terwujudnya tujuan dan sasaran unit organisasi. Tanda kinerja bidan baik adalah tingkat kepuasan dari bidan tinggi dan tidak ada keluhan dari pasien. Kualitas kinerja bidan sendiri tidak lepas dari faktor yang mempengaruhinya. Kajian pustaka ini dilakukan dengan tujuan untuk mengkaji artikel yang berkaitan dengan kinerja bidan dalam pelayanan Antenatal Care (ANC). Penelitian dilakukan dengan menggunakan kajian literatur dengan sumber data berupa artikel asli yang dipublikasian di jurnal nasional/internasional melalui basis data elektronik seperti Google scholar dan Garuda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada faktor individu yang berhubungan signifikan yaitu kemampuan, pengalaman, dan umur; pada faktor psikologis yang berhubungan signifikan yaitu sikap dan motivasi; pada faktor organisasi yang berhubungan signifikan yaitu kepemimpinan, imbalan, lama kerja, status karyawan,fasilitas dan beban kerja. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai masukan bagi institusi penyedia layanan kesehatan untuk peningkatan kualitas bidan dalam memberikan pelayanan ANC (Antenatal Care)
Downloads
References
Abdullah, Hamzah & Mulyono. 2013. Faktor yang berhubungan dengan kinerja Perawat diRumahSakit Tingkat III. Jurnal AKK. 1(1) 18-26
Anggiasari, E. 2017. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengna Kinerja Bidan Desa Dalam Pelayanan Antenatal Care (ANC) Di Kabupaten Grobogan Tahun 2017. Skripsi
Azwar, Saifuddin. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Azwar, AH. 1996. Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta : Pustaka Sinar Harapan
Depkes RI. 2013. Riset Kesehatan Dasar. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementrian Kesehatan RI
Depkes RI, 2002, Penilaian K I dan K IV. Jakarta : Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementrian Kesehatan RI
Elisa. 2016.Faktor-faktor yang berhubungan dengan kinerja tenaga kesehatan dalam pelayanan antenatal care terpadu. Jurnal Kebidanan dan Keperawatan. 12(2) 135-14
Farida D. 2010. Analisis Kualitas Pelayanan Antenatal oleh Bidan di Puskesmas KabupatenPurbalingga.
Semarang: Universitas Diponegoro (Tesis)
Fort, A.L & Voltero, L. 2004. Factors Affecting The Perfomance Of Maternal Health Care Providers InArmenia. Human Resources For Health . 2(8). 1-11
Gibson, et al. 2010. Organizational: Behaviour, Structure, Processes. New York : The Mc Graw Hill Companies, Inc.
Gurbuz,G & Aykol, S. 2008. Entrepreneurial Inten-tions of Young Educated Public in Turkey .Journal of Global Strategic Management 4(1) 47-56
Guspianto. 2012. Determinan Kepatuhan Bidan di Desa terhadap Standar Antenatal Care.Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional 7(7)
Harlen, W. 2013. Effective Teaching of science. A review of Research. Edinburgh : Scottish Council for Research in Education
Hasibuan, Malayu S.P. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung :PT.Bumi Aksa Hasibuan, Malayu. 2004. “Manajemen” Edisi Revisi. Jakarta : PT.Bumi Aksara Hasibuan
Malayu.2012. Manajemen sumber Daya Manusia. Jakarta : PT. Bumi Aksara Hanafi.
Manajemen.Yogyakarta : Akademi Manajemen Perusahaan
Herjanto, Eddy. 2001. “Manajemen Produksi dan Operasi” Edisi ke dua. Jakarta :PT.Gramedia IBI. 2006. 50Tahun IBI; Bidan Menyongsong Masa Depan : Jakarta
Jannah, Nurul. 2012 . Buku Ajar Asuhan Kebidanan Kehamilan. Yogyakarta : ANDY
Kementrian Kesehatan RI. 2020. Profil Kesehatan Indonesia 2019. Jakarta : Kemenkes RI Khaerul Umam.2010. Perilaku Organisasi. Bandung : Pustaka Setia
Kotler, Philip & Gary Armstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Mangkunegara,A.A Anwar Prabu. 2006. Perencanaan dan Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : Remaja Rosdakarya
Nasution, N. 2018. Pengaruh Karakteristik Individu Terhadap Kinerja Bidan Dalam Pencapaian Imunisasi Dasar Lengkap Di Wilayah Kerja Puskesmas Siabu Kabupaten Mandailing Natal Tahun 2017. Skripsi
Prawirohardjo, Sarwono. 2005. Ilmu Kebidanan. Jakarta : Yayasan Bina Pustaka Prayoto.2014.Teori, Sikap & Perilaku dalam Kesehatan . Yogyakarta : Nuha Medika
Riniwati, Harsuko. 2011. Mendongkrak Motivasi dan Kinerja : Pendekatan Pemberdayaan SDM .Malang: UB Press
Riny, Chandra. 2017. Pengaruh Beban Kerja dan Stres Kerja terhadap Kinerja Karyawan.Jurnal Manajemen dan Keuangan. 6 (1)
Saifudin, Abdul Bari. 2008. Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal. Jakarta : BinaPustaka
Siagian, Sondang P. 1992. Organisasi, Kepemimpinan dan Perilaku, Cetakan ke 8.Jakarta: CV Massagung
Siagian, Sondang. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara
Simamora. 2001, Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi ke dua, Cetakan ke III.Yogyakarta : STIE YPKN
Soekanto, Soerjono. 2010. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta : Rajawali Pers Sugiyono.2007.Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta Sujudi. 2001. Enam Kesepakatan Menuju Desentralisasi Kesehatan. Jakarta : Erlangga Sota. 2003. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Surabaya : Airlangga UniversityPress
Timpe, Dale. 1999. Seri Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Cetakan ke IV PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia
Timpe, Dale. 2007. Seri Manajemen Sumber Daya Manusia Kinerja. Jakarta : Cetakan keV PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia
Veithzal Rivai. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan : Dari teori kepraktik. Jakarta : PT. Raja Gravindo Persada
W, Yani. 2009. Kesehatan Reproduksi. Yogyakarta : Fitramaya
Wawan, Dewi M. 2010. Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Manusia. Yogyakarta : Nurul Medika Wibowo. 2013. Manajemen Kinerja. Jakarta : Rajawali Pers
Wiknjosastro. 2005. .Ilmu Kebidanan.Jakarta :Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright to this article is transferred to Jurnal Manajemen Informasi dan Adminstrasi Kesehatan (JMIAK) if and when the article is accepted for publication under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to Jurnal Manajemen Informasi dan Adminstrasi Kesehatan (JMIAK). The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
1. This paper has not been published in the same form elsewhere.
2. It will not be submitted anywhere else for publication prior to acceptance/rejection by this Journal.
3. A copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above mentioned paper in whole to Jurnal Manajemen Informasi dan Adminstrasi Kesehatan (JMIAK). The copyright transfer covers the right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online) or any other reproductions of similar nature. The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all co-authors. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
1. Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the work.
2. Authors may reproduce or authorize others to reproduce the work or derivative works for the author’s personal use or for company use, provided that the source and the Jurnal Manajemen Informasi dan Adminstrasi Kesehatan (JMIAK) copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies Jurnal Manajemen Informasi dan Adminstrasi Kesehatan (JMIAK)l endorsement of a product or service of any employer, and the copies themselves are not offered for sale.
3. Although authors are permitted to re-use all or portions of the work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or other types of re-use.