Analisis Kepuasaan Pasien BPJS( Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Instalasi Rawat Inap RSU Bina Sehat

Authors

  • Meliya Sonia Meliya Universitas Teknologi Digital
  • Ida Jalilah Fitria Ida Universitas Teknologi Digital

DOI:

https://doi.org/10.32585/jmiak.v6i1.3879

Keywords:

Kepuasaan pasien, kualitas pelayanan, RSU Bina Sehat

Abstract

Tujuan dari studi ini adalah untuk mengevaluasi tingkat kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan Rawat Inap di RSU Bina Sehat yang menggunakan BPJS Kesehatan, dengan berfokus pada dimensi bukti fisik, daya tanggap, kehandalan, perhatian, dan jaminan. Kepuasan pasien diartikan sebagai tingkat kepuasan yang dirasakan seseorang setelah membandingkan penampilan atau hasil pelayanan yang dirasakan dengan harapannya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, yang bertujuan untuk mengamati, menganalisis, dan menggambarkan fenomena tertentu secara mendalam. Peneliti memberikan gambaran mengenai kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan oleh RSU Bina Sehat. Dalam analisis pengalaman manusia, peneliti menggunakan deskripsi dari informan lainnya, seperti rekaman suara, catatan, dan foto di lapangan. Sebanyak 15 informan digunakan dalam penelitian ini, dan teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka terkait kepuasan pasien guna memperkuat data yang ada.Data dikumpulkan dari staf bagian caremix dan pasien rawat inap yang menggunakan BPJS Kesehatan. Teknik analisis data yang digunakan mengikuti model Miles and Huberman, di mana pengumpulan data dilakukan dalam periode tertentu.Dalam penelitian ini, ditemukan bahwa secara keseluruhan, pelayanan di RSU Bina Sehat telah berjalan dengan baik. Kepuasan pasien dinilai mencapai 80%, di mana mayoritas pasien merasa puas dengan pelayanan yang diberikan. Namun, masih ada kebutuhan untuk meningkatkan fasilitas dan melakukan evaluasi guna memberikan pelayanan yang sesuai dengan harapan pasien. Dengan demikian, semakin baik kualitas pelayanan yang diberikan, maka semakin tinggi tingkat kepuasan yang dirasakan oleh pasien.

Keyword: Kepuasan pasien, kualitas pelayanan, RSU Bina Sehat

References

Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Undang – Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang kesehatan.Jakarta : Kementerian Kesehatan RI.2009.

Trisnantoro, Laksono. 2017. Memahami Penggunaan Ilmu Ekonomi Dalam Manajemen Rumah Sakit. Yogyakarta. Gadjah Mada University Press.

Tjiptono Fandy., & Gregorius Chandra. (2017) Pemasaran Strategik Edisi 3. Yogyakarta: Andi Offset.

Sugiyono. ( 2013). Metode Penelitian Manajemen. Bandung : Alfabeta.

Alfi Syahri Lubis, Nur Rahmah Andayani. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan (Service Quality) terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Sucofindo Batam. Jurnal of Applied Business Administration. Vol 1 No 2.

Published

2023-07-06

Issue

Section

Article