Tinjauan Lama Waktu Tunggu Penyediaan Rekam Medis Pasien Rawat Jalan Berdasarkan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Di RSAL dr. Mintohardjo

Authors

  • Azhar Muttaqin
  • Lily Lily Widjaja
  • Laela Indawati
  • Noor Yulia

DOI:

https://doi.org/10.32585/jmiak.v6i2.4497

Abstract

Penyediaan rekam medis rawat jalan yang tepat waktu menghasilkan pelayanan rekam medis yang berkualitas. Waktu penyediaan rekam rawat jalan sesuai standar pelayanan minimal adalah ? 10 menit. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui lama waktu tunggu rekam medis pasien rawat jalan di RSAL dr. Mintohardjo. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dengan besaran sampel berdasarkan estimasi proposi sebanyak 106 rekam medis. Hasil penelitian 14 rekam medis (13,2%) tepat waktu dan 92 rekam medis (86,8%) tidak tepat waktu, yang terbanyak tidak tepat waktu yaitu > 31-40 menit sebanyak 31 rekam medis (29,2%). Dalam mengidentifikasi penyebab keterlambatan penyediaan rekam medis rawat jalan, peneliti menggunakan faktor 5M. Faktor Man terjadinya missfile, terdapat rekam medis belum kembali dari poliklinik maupun ruang rawat inap, kurangnya pengetahuan dan pendidikan. Faktor Money belum adanya anggaran dalam perbaikan Roll O Pack. Faktor Material cetak bon pinjam rekam medis tidak otomatis pada aplikasi SIMRS dan hanya tersedia 1 mesin printer dari 7 komputer, jadi perlu ditambah jumlah printer. Faktor Machine terjadi kerusakan Roll O Pack dan gangguan pada software berupa downtime (waktu ketika suatu sistem, aplikasi dan layanan tidak dapat diakses/tidak berfungsi) pada aplikasi SIMRS. Faktor Method belum adanya SPO penyediaan rekam medis rawat jalan.

Author Biography

Azhar Muttaqin

References

Ariyani, A. et al. (2022) ‘Tinjauan Lama Waktu Penyediaan Rekam Medis Pasien Rawat Jalan Klinik Kandungan di RSUD Tebet’, Indonesian Journal of Health Information Management (IJHIM), 2(1), pp. 1–6.

Depkes RI (2008) ‘Mentri Kesehatan Republik Undonesia Nomor : 129/Menkes/SK/II/2008 Tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit’. Jakarta.

Fannya, P. (2020) Modul Dasar-Dasar Managemen, Konsep Dasar Manajemen. Jakarta.

Febriarini, W. et al. (2022) ‘Tinjauan Lama Waktu Penyediaan Rekam Medis Rawat Jalan Di Rumah Sakit Anna Medika Bekasi’, SEHATMAS (Jurnal Ilmiah Kesehatan M asyarakat ), 1(1), pp. 105–113.

Holdiana and Wulandari, R.Y. (2022) ‘Hubungan Mutu Pelayanan dengan Kepuasan Pasien Lanjut Usia di UPTD Puskesmas Pagar Dewa Kabupaten Tulang Bawang Barat’, 20(1), pp. 72–81.

Jepisah, D. and Yahya, P. (2022) ‘Strategi Pencegahan Missfile Pada Rekam Medis Dilihat Dari Unsur 5M di RSAU dr. Sukirman Lanud Roesmin Nurjadin Tahun 2021’, Jurnal Rekam Medik & Manajemen Informasi Kesehatan, 1(1), pp. 1–6. doi:10.47134/rmik.v1i1.2.

Kristina, I., Ambarwati and Putra, Y.S. (2015) ‘Tinjauan Waktu Penyediaan Rekam Medis Pelayanan Rawat Jalan Di Rumah Sakit Islam Jakarta Pondok Kopi’, Bhumi Husada Jakarta MEDICORDHIF, 2(1), pp. 28–40.

Pemerintah RI (2009) ‘Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit’. Jakarta.

Rahmawati, M.A., Nuraini, N. and Hasan, D.A. (2020) ‘Analisis Faktor Penyebab Keterlambatan Penyediaan Dokumen Rekam Medis Rawat Jalan di RSU Haji Surabaya’, J-REMI : Jurnal Rekam Medik dan Informasi Kesehatan, 1(4), pp. 511–518. doi:10.25047/j-remi.v1i4.2000.

Siagian, S.P. (2017) Teori pengembangan organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Siswati (2018) Manajemen Unit Kerja II Perencanaan SDM Unit Kerja RMIK. Jakarta.

Sucipto and Purnama, F. (2019) ‘Analisis Faktor Penyediaan Berkas Rekam Medis Rawat Jalan Poli Penyakit Dalam RSU Kota Tangerang Selatan’, Indonesian of Health Information Management Journal, 7(1), pp. 22–30.

Wulandari, S. and Sari, I. (2021) ‘Tinjauan Lama Waktu Ketersediaan Rekam Medis Rawat Jalan Poli Tht Pasca Rawat Inap’, Jurnal AKRAB JUARA, 6, pp. 5–24.

Published

2023-11-30

Issue

Section

Article