Analisis Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Kefarmasian di UPTD Puskesmas Sukarasa Kota Bandung

Authors

  • Nabila Putri A Universitas Teknologi Digital
  • Maya R Atmawinata Universitas Teknologi Digital

DOI:

https://doi.org/10.32585/jmiak.v7i1.5201

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di UPT Puskesmas Sukarasa Bandung. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yang dimana penelitian berinteraksi terhadap fakta yang diteliti. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi yang kemudian hasil wawancara tersebut diolah menjadi data. Informan dalam penelitian ini adalah pasien yang berkunjung ke bagian pelayanan kefarmasia Puskesamas Sukarasa sebanyak 5 orang. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari 5 orang pasien rata-rata menjawab berdasarkan indikator tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy merasa puas atas pelayanan kefarmasian yang ada di Puskesmas Sukarasa. dan adanya keluhan mengenai kenyamanannya dikarenakan kurang luasnya ruang tunggu. Kesimpulan secara keseluruhan, penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan kefarmasian di Puskesmas Sukarasa sudah cukup baik, namun masih ada beberapa aspek yang perlu ditingkatkan untuk mencapai kepuasan pasien yang optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-24

Issue

Section

Article