Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif STAD, Jigsaw, Dan Konvensional Terhadap Hasil Belajar Membaca Teks Eksplanasi Siswa Kelas VI Gugus Pangeran Diponegoro

Authors

  • Sri Mulyani SD N 1 Doho
  • Benedictus Sudiyana Universitas Veteran Bangun Nusantara, Sukoharjo, Indonesia
  • Suwarto Suwarto Universitas Veteran Bangun Nusantara, Sukoharjo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v31i3.2852

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui 1) perbedaan pengaruh penerapan model pembelajaran STAD dengan konvensional terhadap hasil belajar membaca teks eksplanasi, 2) perbedaan pengaruh penerapan model pembelajaran Jigsaw dan STAD terhadap hasil belajar membaca teks eksplanasi siswa, 3) perbedaan pengaruh penerapan model pembelajaran Jigsaw dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar  membaca teks eksplanasi, 4) apa urutan model pembelajaran yang efektif dalam pembelajaran kemampuan membaca teks eksplanasi. Jenis penelitian Quasi experiment. Penelitian menggunaka perlakuan pada kelompok eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran STAD dan Jigsaw, kelompok kontrol dengan konvensional, Data penelitian hasil nilai tes membaca teks eksplanasi, Teknik validasi instrumen data menggunakan alpha crombat, butir soal, teknik analisis data dengan uji anava dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan pengaruh model STAD dan konvensional hasil perbedaan mean = 7,050 signifikan = 0,009, ternyata sig = 0,009 < 0,05, maka H0  di tolak dan Ha diterima sehingga untuk STAD dan konvensional signifikan, perbedaan penerapan model STAD dan Jigsaw perbedaan mean = 1,750 signifikan = 0,247 ternyata sig = 0,247 > 0,05, maka H0  di tolak dan Ha diterima sehingga untuk STAD dan Jigsaw signifikan. Perbedaan pengaruh model Jigsaw dan konvensional perbedaan mean = 5,300 Signifikan = 0,110 ternyata ig = 0,110 > 0,05, maka H0  ditolak dan Ha diterima sehingga untuk Jigsaw dan konvensional signifikan. Berdasarkan nilai hasil belajar urutan model pembelajaran yang efektif dalam pembelajaran membaca teks eksplanasi yaitu STAD, Jigsaw dan Konvensional

Kata Kunci : model STAD, model Jigsaw, Konvensional, hasil belajar membaca teks eksplanasi  

References

Abidin, Y. (2012). Pembelajaran Bahasa BerbasisPendidikanKarakter. Bandung: RefikaAditama.

Andyani Novita., Kundharu Saddhono., Yant Mujyanto. 2016. Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Dengan Menggunakan Media Audiovisual Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Basastra: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 4(2).

Ariani, T., dan Agustini, D. (2018). Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT): Dampak terhadap Hasil Belajar Fisika. SPEJ (Science and Physic Education Journal): 1(2), 65-77. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/spej.v1i2.271

Asnita., Erizalgani. 2020. Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII Smp Negeri 20 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(1), 23-31.https://doi.org/10.24036/108260-019883

Emilia, E. (2012). Pendekatan Genre-Based dalam Pengajaran Bahasa Inggris: Petunjuk untuk Guru.Bandung: Riqi Press.

Esminarto., Sukowati.,Nur Suryowati., Khoirul Anam. 2016. Implementasi Model Stad Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual,1 (1).http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v1i1.2

Farida Nugrahani.2014.Metode Penelitian Kualitatif dalam Bidang Pendidikan Bahasa. Surakarta: Cakra Book

Firmansyah, F., danZaini, A. 2019. Implementasi Strategi Cooperative Learning Tipe Jigsaw dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas V MIN Bangka Belitung Pontianak.Educare: Journal of Primary Education, 1(1), 75-84. https://doi.org/10.35719/educare.v1i1.7

Hepita Meidianasari, 2021. Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi dengan Metode Kooperatif STAD pada Siswa Sekolah Dasar Kelas V Kediri Jurnal education Vol 7 No 3 Tahun 2021

Magdalena, Maria. 2018. Kesenjangan Pendekatan Model Pembelajaran Conventional Dengan Model Pembelajaran Contextual Terhadap Hasil Belajar Pancasila Di Program Studi Teknika Akademi Maritim Indonesia-Medan. Jurnal Warta Edisi : 58.https://doi.org/10.46576/wdw.v0i58.389

Mahmudah Zulfatun. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ipa Kelas V di SDN 08 Kota Bengkulu.Skripsi. Bengkulu :Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.

Meidianasari, H. 2021. Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi dengan Metode Kooperatif STAD pada Siswa Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1061–1067.https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1335.

Mufidah, Dzakhirotul., Savira Oktarina, Elza., Puspa Mawarni, Kania., Fadhila, Susani. 2019. Pemetaan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Teks Eksplanasi. Procceding Universitas Pamulang, 1(1).

Munawaroh. 2010. Perbedaan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Dengan Model Pembelajaran Jigsaw dan Model Pembelajaran STAD. Jurnal Pendidikan 1(1).

Nikmah, ErlitaHidaya, Fatchan, Achmad, danWirahayu, YuswantiAriani. 2012. Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD),

Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa. Malang: UniversitasNegeri Malang.

Nugroho Nurhadi Setyo. 2012. Pengaruh Metode Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Menggunakan Mesin Operasi Dasar (MMOD) di SMK N 2 Wonosari. S1 thesis, UNY.

Partana, Crys F. 2008. Kajian Efektifitas Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan STAD Pada Mata Pelajaran IPA Aspek Kimia Di SMP 2 Mlati Sleman. Cakrawala Pendidikan.

Sari, Else Puspita., AgusTrianto., PadiUtomo. 2020. Kesulitan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 14 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Korpus, 4(3).https://doi.org/10.33369/jik.v4i3.13100

Setiawan, Dadan., TatatHartati., Wahyusopadi. 2019. Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Melalui Model Read, Answer, Disscuss, Explain, And Create. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1).https://doi.org/10.23969/jp.v4i1.1575

Suwarto, D. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwarto, S. (2016). Karakteristik tes Biologi kelas 7 semester gasal. Jurnal Penelitian Humaniora, 17(1), 1-8.

Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.

Suwarto. (2018). Statistika Pendidikan. Yogyakarta: PustakaPelajar

Suwarto, M. P. (2022). Karakteristik Tes Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan, 31(1), 109-120.

Wahyuningtiyas, Lela Tri. 2015. Peningkatan Keterampilan Menyusun Teks Eksplanasi Dengan Model Pembelajaran BerbasisMasalah Menggunakan Media Video Peristiwa Alam pada Peserta Didik Kelas VII F SMP N 1 Blora. Skripsi. Semarang :UniversitasNegeri Semarang.

Wulandari, Inayah. 2022. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD ( Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(1), 17-23.https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i1.1754

Zulyadaini. 2016. Perbandingan Hasil Belajar Matematika Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Coop-coop dengan Konvensional. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 16(1). http://dx.doi.org/10.33087/jiubj.v16i1.96

Downloads

Published

2022-10-23

How to Cite

Mulyani, S., Sudiyana, B., & Suwarto, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif STAD, Jigsaw, Dan Konvensional Terhadap Hasil Belajar Membaca Teks Eksplanasi Siswa Kelas VI Gugus Pangeran Diponegoro. Jurnal Pendidikan, 31(3), 333–348. https://doi.org/10.32585/jp.v31i3.2852

Issue

Section

Artikel