PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS DARING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH MURID KELAS V SDN HARGOMULYO I TAHUN AJARAN 2020/2021

Authors

  • Samsuri Untung Wahyudi SDN Hargomulyo I Gunung Kidul
  • Dewi Susilowati Universitas Veteran Bangun Nusantara

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan memiliki tujuan bagi murid dan tujuan bagi guru sebagai peneliti, yaitu meningkatkan kualitas pembelajaran secara daring, sehingga dapat meningkatkan kemampuan atau hasil belajar murid dan meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif secara daring. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah murid kelas V SDN Hargomulyo I tahun ajaran 2020/2021, yang berjumlah peserta didik dengan rincian 12 orang murid laki-laki dan 7 orang murid perempuan. Penelitian dilaksanakan di SDN Hargomulyo I , di rumah murid SDN Hargomulyo I, dan lingkungan sekitar SDN Hargomulyo I Kecamatan Gedangasri Kabupaten Gunungkidul yang terletak di jln. Hargomulyo-Sambipitu km 1. Pengamatan terhadap keaktifan murid dalam proses pembelajaran menunjukkan dari 19 murid hanya ada 1 murid yang tidak aktif mengikuti kegiatan pembelajaran. Dari data yang terkumpul peneliti kemudian melakukan reflesi dan diskusi bersama rekan sejawat dan murid dan diperoleh kesimpulan murid belum terbiasa dan belum bisa mengikuti pembelajaran secara daring menggunakan google meet dan google classroom. Murid juga mengalami kesulitan berdiskusi dengan temannya tentang materi atau tugas yang belum dipahami selama pembelajan secara daring. Penerapan model pembelajaran kooperatif mengoptimalkan penggunaan google classroom agar murid dapat melakukan kerjasama dan diskusi secara klasikal maupun kelompok .

Published

2021-03-19

Issue

Section

Artikel