Pembelajaran Sastra melalui Analisis Strukturalisme “Cerita Pohon Pukul Lima” Karya An Ismanto

Authors

  • Febid Selaras Fitri Universitas Dr. Soetomo

DOI:

https://doi.org/10.32585/klitika.v3i1.1268

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui unsur-unsur strukturalis cerpen yang berjudul Cerita Pohon Pukul Lima karya An Ismanto. Cerpen mengandung unsur-unsur seperti peristiwa, plot, tema, tokoh, latar, sudut pandang dan lain-lain. Metode penelitian yang digunakan melalui pendekatan kualitatif. Mmelalui teknik baca, analisis, dan catat berdasarkan struktur cerpen, serta bagaimana implementasinya pada pembelajaran program belajar paket B.

Hasil penelitian memaparkan berbagai unsur instrinsik dalam cerpen Cerita Pohon Pukul Lima.  Mulai dari unsur tokoh yang terlibat, penokohan, setting tempat dan waktu, serta alur peristiwa yang terjadi. Mengacu pada hasil analisis strukturalis cerpen tersebut, hasil analisis teks digunakan untuk pembelajaran siswa program belajar paket B. implementasi pembelajaran sastra melalui analisis strukturalisme cerpen memberikan gambaran kepada siswa dalam memahami karakter tokoh, penokohan, dan mengambil nilai pendidikan yang ada di dalamnya. Melalui pembelajaran analisis ini siswa program belajar paket B dapat mengambil sisi positif dari isi cerpen Cerita Pohon Pukul Lima.

References

Ahmadi, Y., & Kartiwi, Y. M. (2020). “Strukturalisme Genetik Cerpen “Penulis Biografi” Karya Bode Riswandi”. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran, 9(2), 155-163.

Akbar, V. K. (2020). “Strukturalisme Dalam Kumpulan Cerpen Nasib Seorang Penebang Kayu Dan Kisahb Lainnya Karya Soesilo Toer”. Jurnal Sasindo UNPAM, 8(2), 1-16.

Lastari, A. (2017). “Pandangan dunia pengarang dalam kumpulan puisi Blues untuk Bonnie karya Rendra (Kajian Strukturalisme Genetik)”. Aksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 63-79.

Mahendra, M. I., & Womal, A. (2018). “Tema Sebagai Unsur Intrinsik Karya Fiksi”.

Muliadi, M. (2020). “Buku Ajar Telaah Prosa (sebuah Terapan)-Muliadi”. De la Macca.

Nurgiyantoro, B. (2018). “Teori pengkajian fiksi”. UGM press.

Samaran, P. D., Amrizal, A., & Lubis, B. (2018). “Analisis Struktural Novel O Karya Eka Kurniawan”. Jurnal Ilmiah KORPUS, 2(3), 310-316.

Sapdiani, R., Maesaroh, I., Pirmansyah, P., & Firmansyah, D. (2018). “Analisis Struktural dan Nilai Moral dalam Cerpen “Kembang Gunung Kapur” Karya Hasta Indriyana”. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 1(2), 101-114.

Untari, E. “Analisis Struktural Cerpen “Pangeran Bahagia” Karya Oscar Wilde Dan Implementasinya Sebagai Bahan Pembelajaran Sastra Di Sekolah Dasar Skripsi”.

Yulianti, P., & Asriningsari, A. (2020). “Strukturalisme Dalam Cerpen “Aku Tak Ingin Kacamata, Aku Hanya Ingin Mati, Tuhan” Karya Ranang Aji Sp”. TEKS, 5(2), 51-60.

Downloads

Published

2021-04-08

Issue

Section

Artikel