Pengaruh Adaptasi Pembelajaran Secara Online terhadap Hasil Belajar Mahasiswa

Authors

  • ardiansyah ardiansyah universitas negeri gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.32585/jkp.v5i2.1091

Keywords:

Fasilitas belajar, kesiapan psikis, hasil belajar, Covid-19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh adaptasi pembelajaran yang dilakukan mahasiswa berupa ketersediaan fasilitas belajar secara online dan kesiapan psikis mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran secara online terhadap hasil belajar. Pendekatan dan metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa pendekatan kuantitatif dengan analsis data menggunakan softwarwe smart PLS 3. Subjek penitian ini adalah mahasiswa prodi pendidikan ekonomi universitas negeri gorontalo. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dengan media google form. Temuan yang diperoleh antara lain: Pertama, Terdapat hubungan positif dan sigifikan antara fasilitas belajar online dengan hasil belajar Hasil pengujian menunjukan nilai signifikan. Dengan nilai T statistic sebesar 4,904 lebih besar dibandingkan 1.67. Kedua, Terdapat hubungan positif dan sigifikan antara kesiapan psikis belajar online dengan hasil belajar. Hasil pengujian menunjukan nilai signifikan. Dengan nilai T statistic sebesar 3,967 lebih besar dibandingkan 1.67.

Author Biography

ardiansyah ardiansyah, universitas negeri gorontalo

jurusan pendidikan ekonomi universitas negeri gorontalo

References

Bhatia, R. P. (2011). Features and Effectiveness of E-learning Tools. Global Journal of Business Management and Information Technology, 1(1), 1–7. http://www.ripublication.com

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659

Gonzalez-Acevedo, N. (2016). Technology-enhanced-gadgets in the Teaching of English as a Foreign Language to Very Young Learners. Ideas on Implementation. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 232, 507–513. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.10.070

Khasanah, D. R. A. U., Pramudibyanto, H., & Widuroyekti, B. (2020). Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, 10(1), 41–48.

Kompas.com. (2020a). Diumumkan Awal Maret, Ahli: Virus Corona Masuk Indonesia dari Januari. Kompas.Com. https://www.kompas.com/sains/read/2020/05/11/130600623/diumumkan-awal-maret-ahli--virus-corona-masuk-indonesia-dari-januari

Kompas.com. (2020b). Timeline Wabah Virus Corona, Terdeteksi pada Desember 2019 hingga Jadi Pandemi Global. Kompas.Com. https://www.kompas.com/tren/read/2020/03/12/113008565/timeline-wabah-virus-corona-terdeteksi-pada-desember-2019-hingga-jadi

Mahmoud, S. S. (2008). A Proposed Model for Distributing e-Courses Content through Mobile Technology Architectures. 2(1), 39–54.

Merdeka.com. (2020). https://www.merdeka.com/teknologi/ini-kuota-data-yang-terpakai-untuk-group-call-zoom-dan-hangout-meet-sudah-tahu.html. Merdeka.Com.

Munir, M. I. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Alfabeta.

Pituch, K. A., & Lee, Y. kuei. (2006). The influence of system characteristics on e-learning use. Computers and Education, 47(2), 222–244. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2004.10.007

Putra, M. F. P. (2017). Pengaruh aspek psikologis terhadap hasil belajar mahasiswa olahraga Kurdi. Jurnal SEGAR (Sehat Dan Bugar).

Rahardja, U., Lutfiani, N., Handayani, I., & Suryaman, F. M. (2019). Motivasi Belajar Mahasiswa Terhadap Metode Pembelajaran Online iLearning + Pada Perguruan Tinggi Student Learning Motivation Against iLearning + Online Learning Method in Higher Education. Jurnal Sisfotenika, 9(2), 192–202.

Rohman, A., & Aktif, P. (2019). Dampak Psikologi Belajar Dalam Pembelajaran Aktif Bagi Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. 10, 51–70.

Rosalina, M. (2018). Analysis The Use of Schoology E-Learning Towards Students’ Learning Motivation Enhancement in STKIP Surya. Indonesian Journal of Science and Education, 2(1), 89. https://doi.org/10.31002/ijose.v2i1.614

Rusman. (2013). Model-model Pembelajaran. Rajagrafindo Persada.

Santoso, E. (2009). Pengaruh Pembelajaran Online terhadap Prestasi Belajar Kimia Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa. 1–117.

Setyosari, P. (1996). Pembelajaran Sistem Online: Tantangan dan Rangsangan. https://media.neliti.com/media/publications/220215-pembelajaran-sistem-online-tantangan-dan.pdf

sulsel.idntimes.com. (2020). [BREAKING] WHO Umumkan Penetapan Virus Corona Sebagai Pandemi. Sulsel.Idntimes.Com. https://sulsel.idntimes.com/news/indonesia/rosa-folia/breaking-who-tetapkan-covid-19-sebagai-pandemik-regional-sulsel

Uno, H. B. & N. L. (2011). Teknologi Komunikasi & Informasi Pembelajaran. Bumi Akasara.

Yilmaz, R. (2017). Exploring the role of e-learning readiness on student satisfaction and motivation in flipped classroom. Computers in Human Behavior, 70, 251–260. https://doi.org/10.1016/j.chb.2016.12.085

Downloads

Published

2021-07-09

How to Cite

ardiansyah, ardiansyah. (2021). Pengaruh Adaptasi Pembelajaran Secara Online terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(2), 164–174. https://doi.org/10.32585/jkp.v5i2.1091

Issue

Section

Artikel