Kampanye Edukasi Peduli Sampah Plastik

Analisis Semiotika Kampanye Peduli Sampah Plastik Pandawara Group Di Tiktok

Authors

  • Ilham Aditama Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Joko Suryono Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Yoto Widodo Universitas Veteran Bangun Nusantara

Keywords:

kampanye, media sosial, edukasi, semiotika, respon audiens

Abstract

Kampanye peduli sampah plastik merupakan gerakan yang diinisiasi oleh 5 pemuda asal Bandung.
Bernama Pandawara Group. Kampanye ini dilakukan diberbagai platform media sosial, khususnya
TikTok. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menjelaskan bagaimana penyajian konten
kampanye Pandawara Group dan cara Pandawara Group mengedukasi audiens-nya, serta menjelaskan
bagaimana pengguna TikTok (audiens) merespon konten kampanye yang dibuat Pandawara Group.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Semiotika Roland Barthes dengan metode penelitian kualitatif.
Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data
menggunakan teknik dokumentasi dan observasi. Teknik uji keabsahan data menggunakan teknik
menemukan siklus kesamaan data, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Teknik analisis data
menggunakan deskriptif kualitatif, yang didasarkan pada aspek genetik, objektif, dan afektif dengab
pendekatan semiotika Roland Barthes. Berdasarkan hasil penelitian yang dianalisis secara semiotika
Roland Barthes, menunjukkan bahwa; pertama, Pandawara Group menggunakan variasi konten (konten
edukasi, ajakan bertindak, tantangan, kolaborasi, dan demonstrasi kreatif), gaya komunikasi dan gaya
penyampaian informal, serta menggunakan hashtag dalam penyajian konten kampanyenya. Kedua,
Pandawara Group menggunakan visual koheren dan memperlihatkan visual before & after dalam cara
edukasi mereka. Ketiga, Pengguna TikTok (audiens) merespon konten Pandawara Group dengan berbagai
respon seperti dukungan, kritik & saran, kesadaran & edukasi, skeptisme, serta tindakan & partisipasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aji, F. (2022). Content Stilistics on Indonesian Youtuber Vlog. Capture: Jurnal Seni Media Rekam, 13(2), 132–147. https://doi.org/10.33153/capture.v13i2.4088

Aziz, A., Tobroni, M. I., & Sutoyo, S. (2023). Environmental Awareness Education Campaign through Videography at the Rawajati Waste Bank in South Jakarta. KnE Social Sciences. https://doi.org/10.18502/kss.v8i2.12749

Budi, P. (2019). the Characteristics of Instagram Social Media in the. 6(3), 6364–6373.

Dallyono, R., & Sukyadi, D. (2019). An analysis of multimodal resources in environmental protection posters. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 9(2), 472–479. https://doi.org/10.17509/IJAL.V9I2.20245

Farida Arfiani. (2022). PERAN Pemberdayaan Dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dalam Pemberdayaan Lingkungan Berbasis Urban Farming Di Kampung Samtama Rw 03 Kelurahan Cempaka Putih Timur, Jakarta Pusat.

García, J. A. M. (2019). El ángulo de la cámara en la publicidad impresa de zapatillas de baloncesto en España. 2(23), 31–41. https://doi.org/10.5565/REV/QP.316

Katarina, E., & Bjärstig, T. (2022). Collaborative approaches for sustainable development governance. In Introduction to the Handbook on the Governance of Sustainable Development (pp. 175–189). Edward Elgar Publishing. https://doi.org/10.4337/9781789904321.00020

Li, P. (2021). A Visual Rhetoric Study on the Plastic Pollution Issues in National Geographic. Asian Journal of Humanities and Social Studies, 9(1). https://doi.org/10.24203/AJHSS.V9I1.6501

Masykuroh, K., & Mursyidah, I. L. (2023). Garbage Education Song as a Media to Build Environmental Care Character in Early Childhood. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 10(6), 414. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v10i6.4882

Nurjanah, N., & Dwiastuty, N. (2023). Analysis of the four accounts of content creators using tiktok application as teaching english media. Jurnal Ide Bahasa, 5(1), 37–46. https://doi.org/10.37296/idebahasa.v5i1.109

Putri, F. A., & Dwipriandi, R. (2021). Efektivitas Kampanye Dalam Jaringan: Studi Kasus Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Luwu Timur Sulawesi Selatan. Jurnal Analisa Sosiologi, 10. https://doi.org/10.20961/jas.v10i0.47645

Salazar, G., Monroe, M. C., Ennes, M., Jones, J. A., & Veríssimo, D. (2022). Testing the influence of visual framing on engagement and pro-environmental action. Conservation Science and Practice, 4(10). https://doi.org/10.1111/csp2.12812

Septiani, B. A., Arianie, D. M., Risman, V. F. A. A., Handayani, W., & Kawuryan, I. S. S. (2019). Pengelolaan Sampah Plastik Di Salatiga: Praktik, dan tantangan. Jurnal Ilmu Lingkungan, 17(1), 90. https://doi.org/10.14710/jil.17.1.90-99

Silaningrum, R., Subejo, & Ruslanjari, D. (2022). Peran Media Sosial dalam Membangun. Jurnal Kawistara the Journal of Social Sciences and Humanities, 12(peran media sosial), 1–18.

Suryono, J., 1, Wijaya, M., 2, Irianto, H., 3, Harisudin, M., & 4. (2022). Synergy Empowerment and Social Transformation: Developing Entrepreneurship Independence in a Business School Joko Suryono 1 , Mahendra Wijaya 2 , Heru Irianto 3 , Mohamad Harisudin 4. Journal of Social Studies Education Research, 13(4), 265–290.

Suryono, J., Rahayu, N. T., Astuti, P. I., & Widarwati, N. T. (2020). Successful Social Media Advertising Activities For Micro, Small And Medium Enterprises. Mediator: Jurnal Komunikasi, 13(1), 31–40. https://doi.org/10.29313/mediator.v13i1.5782

Suryono, J., Wijaya, M., Irianto, H., Harisudin, M., Darsini, D. T. P., & Astuti, P. I. (2023). Model of Community Empowerment through Education Non-Formal Entrepreneurship to Improve Independence of Micro, Small and Medium Enterprises. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 22(3), 413–429. https://doi.org/10.26803/ijlter.22.3.25

Susilo, R. K. D. (2022). Compatibility, Effectiveness and Sustainability of Grass-Root Collaboration in Promoting Environmental and Natural Resource Conservation (An Evaluative Analysis). IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 995(1), 12067. https://doi.org/10.1088/1755-1315/995/1/012067

Susilo, R. K. D. (2022). Compatibility, Effectiveness and Sustainability of Grass-Root Collaboration in Promoting Environmental and Natural Resource Conservation (An Evaluative Analysis). IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 995(1), 12067. https://doi.org/10.1088/1755-1315/995/1/012067

Published

10-05-2024

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>