PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA DAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JAWA TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA WAYANG

Authors

  • Jatmiko Jatmiko

DOI:

https://doi.org/10.32585/.v4i2.165

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) penggunaan multimedia terhadap keterampilan menyimak cerita wayang, (2)  penguasaan kosakata bahasa Jawa terhadap keterampilan menyimak cerita wayang, (3) penggunaan multimedia dan penguasaan kosakata bahasa Jawa secara bersama-sama terhadap keterampilan menyimak cerita wayang. Penelitian ini menggunakan pendekatan ex post facto (non eksperimen). Dalam penelitian ini populasinya adalah semua siswa kelas VI SD Negeri Srimulyo 1 Gondang Sragen sejumlah 36 siswa. Teknik sampel adalah total sampling sehingga sampel yang digunakan sebanyak 36 siswa. Data yang dikumpulkan adalah data primer penggunaan multimedia, penguasaan kosakata bahasa Jawa, dan keterampilan menyimak cerita wayang. Teknik pengumpulan data berupa angket penggunaan multimedia, tes penguasaan kosakata bahasa Jawa, dan tes keterampilan menyimak cerita wayang. Analisis data yang digunakan meliputi uji regresi dan uji regresi ganda. Hasil penelitian ini adalah: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan multimedia terhadap keterampilan menyimak cerita wayang pada siswa kelas VI SD Negeri Srimulyo 1 Gondang Sragen. Besarnya pengaruh penggunaan multimedia terhadap keterampilan menyimak cerita wayang adalah 88,6%. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan kosakata bahasa Jawa terhadap keterampilan menyimak cerita wayang pada siswa kelas VI SD Negeri Srimulyo 1 Gondang Sragen. Besarnya pengaruh penguasaan kosakata bahasa Jawa terhadap keterampilan menyimak cerita wayang adalah 79,1%. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan multimedia dan penguasaan kosakata bahasa Jawa secara bersama-sama terhadap keterampilan menyimak cerita wayang pada siswa kelas VI SD Negeri Srimulyo 1 Gondang Sragen. Besarnya pengaruh multimedia dan penguasaan kosakata bahasa Jawa secara bersama-sama terhadap keterampilan menyimak cerita wayang adalah 88,6%. Penggunaan multimedia lebih besar pengaruhnya terhadap menyimak cerita wayang dibandingkan dengan penguasaan kosakata bahasa Jawa karena penguasaan kosakata anak SD masih minim sehingga penggunaan multimedia lebih menarik bagi siswa untuk menyimak cerita wayang.

Published

2019-02-20

Issue

Section

Artikel