PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA PUISI DENGAN METODE DEMONSTRASI MURID KELAS 2 SEKOLAH DASAR

Authors

  • Mulyono Mulyono

DOI:

https://doi.org/10.32585/.v4i2.166

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan perencanaan, (2) pelaksanaan pembelajaran, (3) hambatan, dan (4) mendeskripsikan upaya guru mengatasi kesulitan belajar dalam membaca puisi dengan metode demonstrasi di Sekolah Dasar Negeri Pengkok 4.

Metode penelitian ini menggunakan studi kasus penelitian dengan pendekatan kualitatif. Strategi penelitian ini menggunakan studi kasus didirikan. Data dalam penelitian ini berupa informasi tentang pembelajaran membaca puisi dengan metode demonstrasi, masalah-masalah yang timbul dalam kesulitan belajar dan cara mengatasi masalah tersebut. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari dokumen dan orang yang diwawancarai. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumen. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Milles dan Huberman. Hasil penelitian dan observasi diperoleh sebagai berikut: (1) perencanaan pembelajaran pembacaan puisi dengan metode demonstrasi dilakukan dengan menyusun RPP berdasarkan silabus dan kurikulum yang telah ditetapkan; (2) pelaksanaan pembelajaran membaca puisi dengan metode demonstrasi yaitu guru membuat kelompok, berbagi bacaan, meminta siswa untuk mengajukan pertanyaan, meminta siswa untuk membacakan puisi yang dialamatkan oleh guru, guru mengevalusi penampilan dan penampilan siswa; (3) hambatan yang muncul dalam pembelajaran membaca puisi dengan metode demonstrasi adalah terbatasnya kemampuan siswa dalam membaca puisi; (4) solusi dalam mengatasi hambatan adalah membimbing siswa dengan cara bertanya mengarah pada materi pelajaran.

Published

2019-02-20

Issue

Section

Artikel