PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI DENGAN METODE PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.32585/stilistika.v4i2.167Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) kendala dalam pembelajaran; dan (4) mendeskripsikan solusi yang dilakukan guru atas kendala dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yaitu penyajian data diuraikan secara logis, akurat, mendalam. Metode penelitian kualitatif menurut Bogdan dan Taylor (dalam Nugrahani, 2010) digunakan sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskripsi berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Hasil Penelitian : (1) Perencanaan pembelajaran keterampilan menulis narasi dengan metode Picture and Picture pada siswa kelas VI SD Negeri Palur 4 Kabupaten Sukoharjo telah disiapkan oleh guru bahasa Indonesia dengan cukup lengkap. (2) Pelakasanaan pembelajaran keterampilan menulis narasi dengan metode Picture and Picture pada siswa kelas VI SD Negeri Palur 4 Kabupaten Sukoharjo dilaksanakan oleh guru bahasa Indonesia dengan cukup baik dan efektif serta efisien. (3) Kendala yang dialami dalam pembelajaran keterampilan menulis narasi dengan metode Picture and Picture pada siswa kelas VI SD Negeri Palur 4 Kabupaten Sukoharjo adalah;a) siswa kurang tertarik mengikuti pembelajaran menulis karangan narasi; b) siswa masih kesulitan mengungkapkan ide dalam bentuk karangan; c) siswa sulit dalam memilih kata dan menggunakan ejaan serta tanda baca; (4) Solusi atas kendala yang dialami dalam pembelajaran keterampilan menulis narasi dengan metode Picture and Picture pada siswa kelas VI SD Negeri Palur 4 Kabupaten Sukoharjo antara lain;a) guru merancang pembelajaran yang dapat menarik minat siswa, b) guru memberikan bimbingan kepada siswa yang masih ksulitan menuangkan idenya, c) guru mengarakan siswa tentang EyD dan membantu pengayaan kata siswa, d) guru mengikuti berbagain pelatihan di KKG.