PEMANFAATAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI

Authors

  • Rini Royani

DOI:

https://doi.org/10.32585/stilistika.v4i2.168

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran menulis puisi dengan memanfaatkan media audiovisual dilihat dari aspek perencanaan, pelaksanaan, kendala, dan solusi mengatasi kendala. Metode penelitian yaitu  deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian adalah narasumber, dokumen,  tempat dan peristiwa. Narasumber penelitian ini adalah guru, siswa, dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan analisis dokumen.Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif  Miles & Hubermen. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) perencanaan guru dalam menyiapkan perangkat pembelajaran baik; (2) pelaksanaan pembelajaran memanfaatkan media audiovisual berupa lagu yang diberi ilustrasi gambar;(3) Kendala yang dialami yaitu faktor dari guru, siswa, dan sarana  prasarana, (4) Solusi atas kendala yaitu a) adanya pemberian tugas tambahan kepada siswa, b) pemanfaatan media pembelajaran pada pembelajaran  tahun yang lalu, c) belajar pada teman sebaya, d) pembuatan portopolio d) pembenahan laboratorium bahasa, e) penyediaan buku elektronik dan media penunjang pembelajaran di perpustakaan; f) penyediaan perlengkan alat-alat elektronik di kelas.

Published

2019-02-20

Issue

Section

Artikel