PENERAPAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI SEDERHANA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Sri Ristuti

DOI:

https://doi.org/10.32585/stilistika.v4i2.169

Abstract

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan: (1) perencanaan pembelajaran, (3) pelaksanaan pembelajaran, (3) hambatan dalam pembelajaran, dan solusi mengatasi hambatan dalam pembelajaran menulis puisi sederhana dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning pada siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri 02 Sukosari, Kecamatan Jumantono, Kabupaten Karanganyar.   Pengumpulan data menggunakan teknik analisis dokumen, wawancara dengan narasumber, dan observasi terhadap aktivitas pembelajaran. Untuk memvalidasi data digunakan teknik trianggulasi metode dan trianggulasi sumber. Data dianalisis dengan teknik analisis cross-check silang data berulang-ulang. Dengan perkataan lain, data dianalisis dengan teknik interaktif.    Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Perencanaan pembelajaran telah disusun oleh guru dengan baik. (2) Pelaksanaan pembelajaran tampak hidup dan dilaksanakan sesuai dengan perencanaan. (3) Terdapat hambatan-hambatan selama pelaksanaan pembelajaran, meliputi: faktor siswa, faktor guru, faktor sumber, dan faktor media. (4) Untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut guru melakukan: memberikan motivasi siswa, mempersiapkan diri lebih baik, menggunakan sumber dan media pembelajaran lebih bervariasi.

Published

2019-02-20

Issue

Section

Artikel