PEMBELAJARAN MENULIS PERMULAAN DALAM PERSPEKTIF KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.32585/stilistika.v4i2.173Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) perencanaan pembelajaran menulis permulaan dalam perspektif KTSP,(2) pelaksanaan pembelajaran menulis permulaan:(3)kKendala dalam pembelajaran menulis permulaan, (4) solusi guru atas kendala dalam pembelajaran menulis permulaan di Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pola naturalistik dengan strategi studi kasus terpancang tunggal (embedded case study research). Lokasi penelitian ini SD Negeri Tepisari 02 Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo. Data Penelitian berupa frasa, kata, kalimat, serta wacana yang diperoleh dari perangkat pembelajaran menulis permulaan. Teknik pengumpulan data teknik observasi, wawancara, analisis dokumen, dan tes. Teknik cuplikan yang digunakan adalah purposive sampling.Validasi data yang digunakan adalah teknik trianggulasi metode dan sumber. Teknik analisis datamenggunakan teknik analisi interaktif Milles & Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran menulis permulaan telah dilakukan oleh guru dengan cukup baik, hal ini dapat dilihat dari beberapa perencanaan yang telah disiapkan oleh guru meliputi;Prota, Promes, silabus, RPP, absesnsi, dan daftar nilai siswa. (2) Pelaksanaan pembelajarannya menulis cukup efektif dan efisian. Hal ini dikerenakan setiap langkah pembelajaran sesuai dengan silabus dan RPP yang telah disiapkan pada tahapan perencanaan sebelumnya. (3) Kendala yang dialami meliputi: Bayaknya jumlah siswa terbatasnya waktu pembelajaran, Metode yang masih monoton,Media pembelajaran yang masih minim, dan Sarana pendukung masih sangat kurang. (4) Solusi untuk mengatasi kendala-kendala tersebut antara lain: Membagi siswa dalam dua kelompok, Menyesuaikan waktu dengan materi yang hendak disampaikan, Banyak membaca dan shering tentang metode yang dapat digunakan, Menyiapkan media pembelajaran yang bervariasi, dan Berkoordinasi dengan pihak penyedia sarana prasaran sekolah.
Kata kunci: keterampilan menulis, menulis permulaan, KTSP