PEMBELAJARAN MENULIS PUISI BEBAS DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA SMP

Authors

  • Sutarno Sutarno SMP N 1 Colomadu

DOI:

https://doi.org/10.32585/.v4i2.326

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk;(1) mendeskripsikan perencanaan; (2) pelaksanaan;(3) kendala-kendala yang dialami; dan(4) mendeskripsikan solusi atas kendala yang dialami dalam pembelajaran menulis puisi bebas dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini menggunakanmetode penelitian kualitatif deskriptif dengan strategi penelitian berupa studi kasus terpancang. Adapun data penelitian ini meliputi catatan lapangan, catatan hasil pengamatan, dokumentasi perencanaan, dan hasil evaluasi.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara,observasi, dan analisis dokumen. Teknik validasi data yang dipergunakan adalah teknik trianggulasi metode dan sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis model Miles & Humbarman.Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh empat simpulan. (1)Perencanaan pembelajaran menulis puisi bebas dengan menggunakan pendekatan CTL pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Jatipuro Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016 sudah dilakukan oleh guru dengan baik, namun masih terdapat beberapa kelemahan serta kurang lengkap. (2) Pelaksanaan pembelajaran menulis puisi bebas dengan menggunakan pendekatan CTL pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Jatipuro Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2015/2016 belum sepenuhnya mengarah pada pembelajaran yang aktif dan kreatif. (3) Kendala yang dihadapi meliputi: (a) guru kesulitan menjabarkan Kurikulum 2006 (KTSP) dalam bentuk silabus dan RPP; (b) terbatasnya waktu pembelajaran menulis puisi bebas; (c) metode pembelajaran masih belum sesuai dengan yang tercatat di dalam RPP, yaitu guru belum menguasai metode CTL. (d) banyaknya jumlah siswa dalam satu kelas. (4) Solusimengatasikendalasebagaiberikut. (a) guru mengikuti seminar-seminar baiktingkatkabupatenmaupunnasional; (b) memberi jam tambahan 30 menitsetiaphari; (c) membuatsiswaaktif; (d) siswadibuatkelompok-kelompok.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad. 1990 Keterampilan Berbahasa dan Apresiasi Sastra. Malang: Yayasan Asih Asah Asuh. Alwi, Hasan. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta Anita Lie. 2007. Kooperatif Learning (Mempraktikkan Cooperative Learning di. Ruang-ruang Kelas). Jakarta: Grasindo. Badudu, J.S. 1984. Membina Bahasa Indonesia Baku. Bandung: Pustaka _______. 2014. Pedoman Pemilihan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas. _______. 2007. Model Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: BNSP Pustaka Utama. _______. 2005. Kurikulum 2004 Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Dharma Bakti. _______. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP). Jakarta: Dharma Bhakti. _______. 2002. CTL Pendekatan Cotextual Teaching and Learning. Jakarta. Johnson, B. Elaine, Pengantar Chaedar Alwasilah. 2002. Contextual Teaching & Learning. California: Corwin Press, Inc. Moleong, Lexy J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya Mulyasa, E. 2006. Kurikulum yang Disempurnakan. Rosdakarya: Bandung. Muslich, Masnur. 2007. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta : Bumi Aksara Nurgiyantoro, Burhan. 1988. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa Sastra. Yogyakarta Sugiyanto. 2007. Modul Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG): Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13 Surakarta.

Stilistika, Vol. 4, No. 2, 2018 : 125 - 130

_______. 2010. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka. Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta Suryabrata, Sumadi. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Tarigan, HenryGuntur. 1990. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Jakarta: Angkasa.

Widayati, Mukti. 2014. “Language of Poetry Balada Orang-Orang Tercinta, Empat Kumpulan Sajak, Blues untuk Bonnie, and Sajak-Sajak Sepatu Tua Written by W. S. Rendra”. Macrothink Institute, International Journal of Linguisitics. Vol 6, No. 3, June 2014

Published

2018-08-30

Issue

Section

Artikel