PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERPIDATO DENGAN MODEL JIGSAW DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Suyono Suyono SDN 02 Giriwondo

DOI:

https://doi.org/10.32585/.v4i2.328

Abstract

Pembelajaran Keterampilan Berpidato Dengan Model Jigsaw Di SDN 02 Giriwondo  Jumapolo Karanganyar. Tujuan penelitian ini adalah Mendeskripsikan pembelajaran keterampilan berpidato dengan model di Sekolah Dasar Negeri 02 Giriwondo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini berada di Di SDN 02 Giriwondo  Jumapolo Karanganyar. Data penelitian berupa kata dan kalimat, Rencana Penelitian dengan sumber data guru kelas VI SDN 02 Giriwondo  Jumapolo Karanganyar. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumen. Teknik keabsahan data dengan trianggulasi sumber dan metode. Teknik analisis data dengan analisis interaktif. Hasil penelitian  adalah (1) perencanaan penelitian dalam penyusunan instrument wawancara disesuaikan kondisi dan karakteristik masyarakat setempat (2) proses penelitian melalui tahap wawancara awal, proses dan wawancara akhir, kegiatan penelitian meliputi pemanfaatan, penggunaan media, penilaian dan kegiatan penutup, (3) hambatan yang terjadi meliputi penggunaan media yang kurang layak, kurangnya penguasaan, pengaruh Bahasa (bahasa pertama), penggunaan metode yang kurang efektif, dan (4) solusi yang disarankan adalah penggunaan media poto dan recording, peneliti selalu mengembangkan potensi, harus memperkeras dan memperjelas sumber informasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Rahman Abror. 1998. Belajar dan Mengajar. Bandung: Rosdakarya. Anita Lie. 2007. Cooperative Learning, Mempratekkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.

Arends, Richard, I. 1997. Classroom Instruction and Management. Boston: McGraw-Hill Asmawi Zainul & Noehi Nasution. 2001. Pekerti Mengajar di Perguruan Tinggi, Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: PAU-PPAI Universitas Terbuka. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1999. Kurikulum 1994 Suplemen GBPP Mata Pelajaran IPS. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah. Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta. Suharsimi Arikunto. 1996. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rhineka Cipta. Sutopo, H.B. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Surakarta: Sebelas Maret Press. Di Akses dari http://contoh-skripsi-ptk-ptstesis-gratis.blogspot.co.id/2013/06/contohptk-bahasa-indonesia-dengan-menerapkanmetode-stad.html Minggu, 20-01-2017 jam 08.15 Sumber: http://www.sekolahdasar.net/2012/0 4/hakikat-dan-kedudukanpembelajaran.html#ixzz4WRwsxm2R Dikutip dari http://www.satubahasa.com/2014/09/hubung an-keterampilan-berbahasa- dan.html

Published

2018-08-31

Issue

Section

Artikel