PEMBELAJARAN MENULIS SURAT UNDANGAN (Studi Kasus di Kelas V SD Negeri Taraman 3 Sidoharjo Sragen) Tahun Pelajaran 2014/2015

Authors

  • Wagiman Wagiman SD Negeri Taraman 3

DOI:

https://doi.org/10.32585/stilistika.v4i2.332

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan perencanaan, (2) pelaksanaan pembelajaran, (3) hambatan, dan (4) usaha guru untuk mengatasi hambatan pembelajaran menulis surat undangan pada siswa kelas V SD Negeri Taraman 3. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif yang berupa studi kasus. Data penelitian adalah aktivitas pembelajaran menulis surat undangan di kelas kelas V SD Negeri Taraman 3yang bersumber dari informant, dokumen, dan hasil tes. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Teknik validasi data adalah triangulasi sumber dan teori. Teknik analisis data berupa model interaktif Miles dan Humberman. Hasil penelitian: (1) Perencanaan pembelajaran menulis surat undangan dengan metode konvensional telah dirancang oleh guru kelas V SD Negeri Taraman 3  yaitu guru merancang prota, promes, silabus, RPP, media ajar, bahan ajar, dan format penilaian. (2) Pelaksanaan pembelajaran menulis surat undangan dengan metode konvensional telah dilaksanakan dengan cukup baik, yaitu guru telah melakukan kegiatan pembelajaran sesuai dengan silabus dan RPP yang telah disiapkan sebelumnya. (3) Kendala yang dialami dalam pembelajaran: a) siswa mudah bosan selama proses pembelajaran; b) pembelajaran menulis surat undangan jatuh pada jam siang hari udara panas; c) siswa terlihat pasif dalam mengikuti pelajaran; d) guru belum memahami penilaian proses pada pembelajaran. (4) Solusi atas kendala dalam pembelajaran menulis surat undangan: a) guru memilih media dan metode pembelajaran yang lebih menarik perhatian siswa; b) guru pada awal pembelajaran memberikan penyegaran kepada siswa; c) guru memberikan pertanyaan kepada siswa secara acak; d) guru  menempuh upaya belajar tentang penilaian menulis surat undangan terutama pada aspek prosesnya.

References

Akhadiah, S., Arsjad, M.G. Ridwan, S.H. 1998. Pembinanaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Bandung: Erlangga. Anitah W, Sri, dkk. 2009. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka. Arikunto, Suharsimi. 1993. Manjemen Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo. Darsono, M. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press. Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas. Depdiknas. 2003. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas. Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Undang-Undang RI No.2 Tentang Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. DePorter, Bobbi, & Mike Hernacki. 2006. Quantum Learning. Jakarta: Kaifa. Dewi, Rische Purnama. 2007. “Pemanfaatan Model Peta Pikiran”. http://www. usd.ac.id./06/ publ_dosen/gatra/jan05/rische.htm( diakses Jumat, 10 Agustus 2015) Finoza, Lamuddin. 1992. Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Diksi Insan Mulia. Gagne, R.M., Briggs, L.J & Wager, W.W. 1988. Principles of Instruction Design, 3rd ed. New York: Saunders College Publishing. Gie, The Liang. 2002. Terampil Mengarang.Yogyakarta: Andi. Hernowo. 2002. Mengikat Makna. Bandung: Kaifa. Inna S., Sonya. 2007. “Pengembangan Program Pembelajaran Kontekstual dalam Pelajaran Menulis”.http://sps.upi.edu/v3/?pag e=abstrak&option+tesis&action=

view&id=019565 (diakses Jumat, 10 Agustus 2015) Ismawati, Esti. 2011. Perencanaan Pengajaran Bahasa. Yogyakarta: Ombak. Madusari, E.A. dkk. 2009. Metodologi Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas. Marjo, Y.S. 2008. Surat-Surat Lengkap. Jakarta: Setia Kawan. Nugrahani, Farida. 2014. Metodelogi Penelitian Kualitatif dalam Bidang Pendidikan Bahasa. Solo: Cakra Books. Nugrahani, Farida. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif: Teori dan Aplikasinya. Surakarta: UNS. Nurhadi. 2005. Membaca Cepat dan Efektif. Bandung: Sinar Baru Algensindo. Nurhadi.2007. Mendesain Model Pembelajaran. Surabaya: Kencana.

Nurudin. 2007. Dasar-Dasar Penulisan. Malang: UPT Penerbitan Universitas. Purwo, Bambang Kaswati. 1990. Pragmatik dalam Pengajaran Bahasa. Yogyakarata: Karnisius. Rahardi, Kunjana. 2008. Surat Menyurat Dinas. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher. Slamet, St. Y. 2007. Dasar-Dasar Keterampilan Berbahasa Indonesia. Surakarta:Universitas Sebelas Maret Press. Subana,M. dan Sunarti. 2000. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Setia. Sudjana, N. dan Ahmad Rivai. 2007. Media Pengajaran. Jakarta: Sinar Baru. Sugiarto, Agus. 2005. Korespondensi Bisnis. Yogyakarta: Gaya Media. Sujanto. 1988. Kerampilan Berbahasa Membaca-Menulis-Berbicara untuk Mata Kuliah Dasar Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud. Suriamiharja, Akhlah Husein, dan Nunuy Nurjanah. 1996/1997. Petunjuk Praktis Menulis. Jakarta: Depdikbud. Susilana, Rudi dan Cepi Riyana. 2007.Media Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Purnama.

Pembelajaran Menulis Surat... (Wagiman)

Sutopo, H.B. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS. Suwandi, Sarwiji. 2009. Model Assessment dalam Pembelajaran. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru (PGS) Rayon 13. SyarifElina., Zulkarnaini, Sumarno. 2009. Pembelajaran Menulis. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa. Trimantara, Petrus. 2005. ”Metode SugestiImajinasi dalam Pembelajaran Menulis dengan Media Lagu”.

Jurnal Pendidikan Penabur, No.05/ Th.IV: 2-5. Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara. Trianto. 2011.Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivitis. Jakarta:Prestasi Pustaka. Uno, Hamzah B. 2007.Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Wiyasa, Thomas. 1996. Pola Dasar Penyusunan Surat-surat Resmi (cetakan ke-3 edisi revisi). Jakarta: Pradnya Paramita.

Published

2018-08-31

Issue

Section

Artikel