Pembelajaran Keterampilan Menulis Narasi Dengan Media Gambar Berseri dalam Perspektif Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.

Authors

  • Esi Sumarsih SD Negeri Kasihan

DOI:

https://doi.org/10.32585/.v3i1.4

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan perencanaan
pembelajaran menulis narasi melalui media gambar berseri bagi siswa Sekolah
Dasar; (2) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis narasi melalui media
gambar berseri bagi siswaSekolahDasar; (3) mendeskripsikan kendala yang timbul
dalam pembelajaran menulis narasi melalui media gambar berseri; dan (4)
mendeskripsikan solusi yang dilakukan oleh guru dalam menghadapi kendala yang
ditemui selama pembelajaran menulis narasi melalui media gambar berseri.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan
strategi penelitian yang digunakan adalah studi kasus terpancang (embedded case
study research). Data penelitian ini adalah frasa, kata, kalimat, serta wacana yang
bersumber dari informasi dan aktivitas pembelajaran menulis narasi melalui media
gambar berseri dan hasil kerja siswa kelas V SD Negeri 1 Kasihan, Ngadirojo,
Wonogiri.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan
analisis isi. Teknik pemeriksa keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi
penyelidik, triangulasimetode, dantriangulasiteori. Teknik analisis data yang
digunakan adalah teknik analisis interaktif Miles & Hubermen.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut. (1)
Perencanaan pembelajaran menulis narasi dengan media gambar berseri yang telah
dirancang oleh guru dengan cukup lengkap, yaitu prota, promes, silabus, RPP, dan
pembuatan media gambar berseri. (2)Pelaksanaan pembelajaran dilakukan oleh guru
sudah cukup baik, karena sudah dilakukan sesuai dengan silabus dan RPP yang
disiapkan sebelumnya. 3. Kendala yang dialami dalam pembelajaran sebagai
berikut.(a) Siswa kurang tertarik mengikuti pembelajaran menulis karangan
narasi.(b) Siswa masih kesulitan mengungkapkan ide dalam bentuk karangan.(c)
Siswa sulit dalam memilih kata dan menggunakan ejaan(d) Guru kesulitan dalam
memilih teknik dan metode pembelajaran yang dapat menarik perhatian siswa. (e)
Waktu yang digunakan dalam pembelajaran belum efektif. (4) Solusi atas kendala yang dialami dalam pembelajaran sebagai berikut.(a) Guru merancang pembelajaran
yang dapat menarik minat siswa (b) Guru memberikan bimbingan kepada siswa yang
masih ksulitan menuangkan idenya(c) Guru menjelaskan kepada siswa tentang EyD
dan membantu pengayaan kata siswa. (d) Guru mengikuti berbagain pelatihan di
KKG. (e) Guru merancang pembelajaran sefektif mungkin.
Kata kunci: pembelajaran keterampilan menulis, narasi, media pembelajaran,
gambar berseri

Published

2017-02-28

Issue

Section

Artikel