ANALISIS TEKS DAN KONTEKS WACANA ANEKDOT KARYA SISWA SMK NEGERI 1 KEDAWUNG DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP PEMBINAAN SIKAP BAHASA SISWA
DOI:
https://doi.org/10.32585/stilistika.v3i1.5Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) struktur teks anekdotkarangan siswa kelas X SMK Negeri 1 Kedawung, Sragen; 2) fungsi dominan
dalam teks anekdot karangan siswa kelas X SMK Negeri 1 Kedawung, Sragen; 3)
makna yang terkandung dalam teks anekdot karangan siswa kelas X SMK Negeri
1 Kedawung, Sragen; dan 4) kontribusi hasil penelitian ini pada pembinaan
bahasa Indonesia siswa kelas X SMK Negeri 1 Kedawung, Sragen. Jenis
penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan
metode dokumentasi, pengamatan, dan wawancara. Teknik validasi data
menggunakan trianggulasi sumber data. Teknik analisis data menggunakan
metode distribusional dan pragmalinguistik yang dipadukan dengan teknik
interaktif. Hasil penelitian: 1) struktur teks anekdot karangan siswa sudah sesuai
dengan teori yang berisi abstraksi, orientasi, krisis, reaksi, dan koda; 2) terdapat
lima fungsi bahasa dalam teks anekdot karangan siswa yaitu fungsi informatif,
ekpresif, direktif, estetik, dan fatik; 3) dalam analisis teks dan konteks terdapat
kohesi leksikal dan gramatikal dan makna sesuai dengan prinsip analogi dan
penafsiran lokal; dan 4) teks anekdot memberikan kontribusi terhadap
pengembangan sikap bahasa siswa berupa upaya meminimalisasi sikap berbahasa
negatif dan mengembangkan sikap berbahasa positif.
Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2017-02-28
Issue
Section
Artikel