PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMBACA PERMULAAN BERBASIS MEDIA FLASH CARD VARIATIF UNTUK SEKOLAH DASAR

Authors

  • Dasih Mulyati Sekolah Dasar Negeri Bendosari
  • Farida Nugrahani Universitas Veteran Bangun Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.32585/.v5i1.606

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui prosedur pengembangan media, validitas media, keefektifan media, dan kepraktisan media pembelajaran Flash Card Variatif pada materi membaca permulaan ditingkat Sekolah Dasar. Model penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (Research and Development) yang dikembangkan oleh Borg & Gall dengan 10 langkah. Untuk menganalisis data digunakan teknis analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) mengetahui prosedur pengembangan media yang dirujuk dari Borg & Gall; (2) penggunaan bahan ajar media pembelajaran Flash Card Variatif pada materi membaca permulaan ditingkat sekolah layak digunakan; (3) bahan ajar media Flash Card Variatif pembelajaran pada materi membaca permulaan ditingkat sekolah sangat efektif dan akurat untuk meningkatkan minat belajar siswa; (4) pembelajaran menjadi lebih praktis setelah menggunakan media pembelajaran Flash Card Variatif pada materi membaca permulaan ditingkat sekolah

References

DAFTAR PUSTAKA

Anifah, Sri. 2012. Media Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka.

Arsyad, Azhar.1997. Media Pengajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Arsyad, Azhar.2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Akbar, Sa’dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Hobri. 2010.Metodologi Penelitian Pengembangan. Jember:Pena Salsabila

Kurniasih,Imas dan Berlin Sani. 2014. Panduan Membuat Bahan Ajar (Buku Teks Pelajaran) Sesuai Dengan Kurikulum 2013.Surabaya: Kata Pena.

National Centre For Competency Based Training. 2007. Pengertian Bahan Ajar.

Nugrahani, Farida. 2018. Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. SEMNAS 2018: Publikasi Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, vol 1 (1).

Nugrahani, Farida. 2017. The development of film-based literary materials which support character education. Cakrawala Pendidikan.

Nugrahani, Farida. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif: Teori dan Aplikasi. Surakarta: UNS Press.

Nugrahani, Farida. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. CV. Dimensi Raya Mataram. Vol 1 (ISBN : 978-602-7823-02-7), 125

Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif.Yogyakarta: DIVA Press.

Setyosari, Punaji. 2010. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan.Jakarta: Kencana.

Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta

Tanzeh, Achmad. 2009. Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: Teras.

Published

2020-04-03

Issue

Section

Artikel