PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA SMA 1 BAE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Authors

  • Farida Noor Hayati SMAN 1 BAE Kudus

DOI:

https://doi.org/10.32585/.v5i1.608

Abstract

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan siswa pada materi Menulis puisi kelas X IPS4 SMA 1 Bae Kudus semester 2 tahun pelajaran 2016/2017.Metode penelitian tindakan kelas ini dengan analisis deskriptif komparatif dilanjutkan refleksi.Tindakan tersebut dibagi dalam dua siklus yaitu siklus I dengan pemanfaatan media gambar sebanyak 1 gambar untuk tiap siswa dengan tema pendidikan dan siklus 2 dengan pemanfaatan media gambar sebanyak 1 gambar juga untuk tiap siswa dengan tema lingkungan hidup. Hasil penelitian melalui pemanfaatan media gambar dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas X IPS4 SMA 1 Bae Kudus semester 2 tahun pelajaran 2016/2017 dari kondisi awal dalam kategori kemampuan siswa dalam menulis puisi rendah .Dari kondisi awal/ pra tindakan hasil belajar kemampuan menulis puisi rata-rata siswa 66 dengan nilai tertinggi 85 nilai terendah 55 dengan kategori siswa sangat mampu menulis puisi sebanyak 8 siswa (23%), mampu sebanyak 8 siswa (28%), kurang mampu sebanyak 19 siswa (54%); Siklus I rata-rata 73 dengan nilai tertinggi 90 nilai terendah 60 dengan kategori siswa sangat mampu menulis puisi sebanyak 12 siswa (34%), mampu sebanyak 14 siswa (40%), kurang mampu sebanyak 9 siswa (26%); Siklus II rata-rata siswa 79 dengan nilai tertinggi 90 nilai terendah 60 dengan kategori siswa sangat mampu menulis puisi sebanyak 23 siswa (66%), mampu sebanyak 11 siswa (31%), kurang mampu sebanyak 1 siswa (3%). Simpulan, penggunaan media gambar dapat meningkatkan kemampuan siswa pada materi menulis puisi siswa kelas X IPS4 semester 2 tahun pelajaran 2016/2017.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Arsyad, Azhar. 2006. Media Pembelajaran. Bandung: Rajawali Press.

Dalman, H. 2014. Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.

Huda, Miftakhul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Jaya.

Kurniawan, Heru. 2014. Pembelajaran Menulis Kreatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pradopo, RachmatDjoko. 2007a. Beberapa Teori Sastra, MetodeKritik, danPenerannya. Yogyakarta: PustakaPelajar.

_______. 2007b. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: GadjahMada University.

Sudjana, Nana. 2011. Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiah. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Supardi dan Suhardjono. 2015. Strategi MenyusunPenelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Andi Offset.

Suparno, dan Muhamad Yunus. 2008. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Waluyo, Herman J. 2002. Apresiasi Puisi: Panduan Untuk Pelajardan Mahasiswa. Jakarta: Gramedia.

Waluyo, Herman J. 2008.Pegkajian dan Apresiasi Puisi. Salatiga: Widya Sari Press.

Wismanto, Agus dan Arisul Ulumuddin. 2015. Penulisan Kreatif. Semarang: UNIVERSITAS PGRI Semarang Press.

Zinurrahman. 2011. Menulis: Dari Teori hingga Praktik (Penawar Racun Plagiarisme). Bandung: Alfabeta.

Published

2020-04-03

Issue

Section

Artikel