ANALISIS BUTIR SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER (UAS) MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Authors

  • Gimo Gimo Guru SMK Negeri 1 Wonogiri
  • Farida Nugrahani Universitas Veteran bangun Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.32585/.v5i1.609

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) kesesuaian isi (content Validity) butir soal ulangan Akhir Semester (UAS) kelas XI mata pelajaran bahasa Indonesia dengan indikator yang terdapat dalam kisi-kisi soal Sekolah Menengah Kejuruan, (2) penyebaran soal UAS kelas XI mata pelajaran bahasa Indonesia di SMK Negeri 1 Wonogiri tahun pelajaran 2015/2016, dan (3) pemakaian bahasa dalam penyusunan butir soal UAS kelas XI mata pelajaran bahasa Indonesia di SMK Negeri 1 Wonogiri tahun pelajaran 2015/2016 sesuai dengan petunjuk yang berlaku. Penelitian ini termasuk kualitatif deskriptif. Desain penelitian ini dirancang dalam bentuk studi kasus terpancang (embedded research and case study) dengan fokus utama penelitian soal uas gasal dan genap mata pelajaran bahasa Indonesia kelas XI. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian kualitatif menggunakan purpusive sampling Data dan sumber penelitian berupa informan, kisi-kisi, silabus, soal uas gasal dan genap mata pelajaran bahasa Indonesia kelas XI SMK Negeri 1 Wonogiri Tahun Pelajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data analisis dokumen dan wawancara mendalam. Teknik validasi data review informan, trianggulasi data, dan ketekunan peneliti dengan teman sejawat yang seprofesi. Teknik analisis data dilakukan dengan wawancara secara induktif dengan pola interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kesesuaian butir soal semester gasal yang sesuai indikator sebanyak 36%. Soal semester genap 80% soal pilihan ganda, 100% soal uraian, sehingga soal semester gasal termasuk soal yang kurang baik. 2) penyebaran soal semester gasal: ranah kognitif ingatan (C1) 24%, pemahaman (C2) 16%, penerapan (C3) 20%, analisis (C4) 27%, sintesis (C5) 2%. Soal semester genap penyebaran kognitif jenjang ingatan (C1) 40%, pemahaman (C2) 11%, penerapan (C3) 11%, analisis (C4) 13%, sintesis (C5) 2%, menilai (C6) 4%. Penyebaran aspek afektif 16% butir soal, dan aspek psikomotor sebesar 2%. Penyebaran soal semester gasal dan genap belum memenuhi kriteria soal yang baik. 3) Pemakaian bahasa yang sesuai kaidah bahasa Indonesia semester gasal sebanyak 12 (30%), menggunakan bahasa yang komunikatif sebesar 70%, pilihan jawaban yang tidak mengulang kata/kelompok kata yang sama sebesar 97%. Soal semester genap yang sesuai kaidah bahasa Indonesia sebesar 25%, menggunakan bahasa yang komunikatif 80%, pilihan jawaban yang tidak mengulang kata/kelompok kata yang sama sebesar 98%. Pemakaian kaidah bahasa Indonesia terutama (ejaan dan tanda baca) termasuk soal yang kurang baik karena tidak sesuai dengan kaidah yang diberlakukan.

References

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 2008. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

_____. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas. 2003. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.

_____. 2008. Penilaian Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta: Depdiknas.

Fathurrohman, Sutikno. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT Refika Aditama.

Kemendikbud. 2015. Panduan Penilaian pada Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta: Depdikbud.

Moleong, Lexy J..2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nugrahani, Farida. 2010. Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Aplikasi. Surakarta: UNS Press.

_______. 2014. Metode Penelitian Kualitatif dalam Bidang Pendidikan Bahasa. Surakarta: CakraBooks.

Nurgiyantoro, Burhan. 2012. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Patton, Michael Quinn. 1987. Qualitative Evaluation Methods. Baverly Hills London: Sage Publications.

Permendiknas Nomor 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian

Permendikbud Nomor 84 A tahun 2013 tentang Pedoman Umum Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Depdiknas.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 50 Tahun 2015 tentang Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia.

Sudiyono, Anas. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sukardi. 2008. Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Widoyoko, Eko Putro. 2014. Penilaian Hasil Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

https://santisusanti1995.wordpress.com/2013/12/10/taksonomi-bloom-ranah-kognitif-afektif-dan-psikomotor-serta-identifikasi-permasalahan-pendidikan-di-indonesia/ diakses 8 Mei 2017

Published

2020-04-03

Issue

Section

Artikel