PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS POWERPOINT UNTUK MENUMBUHKAN MINAT MEMBACA PERMULAAN SEKOLAH DASAR

Authors

  • Sudarto Sudarto Staf STAB N Raden Wijaya Wonogiri
  • Farida Nugrahani Univet Bantara Sukoharjo
  • Heri Agus Susanto Univet Bantara Sukoharjo

DOI:

https://doi.org/10.32585/.v5i1.615

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan: (1) mengetahui prosedur pengembangan media pembelajaran audiovisual berbasis powerpoint pada materi pembelajaran membaca permulaan di tingkat sekolah dasar; (2) mendeskripsikan validitas media pembelajaran audio visual berbasis powerpoint pada materi membaca permulaan di tingkat sekolah dasar; (3) mendeskripsikan keefektifan media pembelajaran audio visual berbasis powerpoint pada materi membaca permulaan di tingkat sekolah dasar; dan (4) mendeskripsikan kepraktisan mendeskripsikan validitas media pembelajaran audio visual berbasis powerpoint pada materi membaca permulaan di tingkat sekolah dasar. Model penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan (Research and Development) oleh Borg & Gall. Penelitian dengan 10 tahapan. Hasil penelitian: (1) mengetahui prosedur pengembangan media yang dirujuk dari Borg & Gall; (2) penggunaan bahan ajar media pembelajaran audio visual berbasis powerpoint pada materi membaca permulaan di tingkat sekolah layak digunakan; (3) bahan ajar media pembelajaran audio visual berbasis powerpoint pada materi membaca permulaan di tingkat sekolah sangat efektif dan akurat untuk meningkatkan minat belajar siswa; (4) pembelajaran menjadi lebih praktis setelah menggunakan media pembelajaran audio visual berbasis powerpoint pada materi membaca permulaan di tingkat sekolah.

References

DAFTAR PUSTAKA

Borg, W.R. & Gall, M.D.Gall. 1983. Educational Research: An Introduction, Fifth Edition. New York: Longman.

Burhan Nurgiantoro. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE.

Erhans Anggawirya. 2011. Microsoft Powerpoint 2010.Jakarta: PT. Ercontara Rajawali.

Gerlach & Ely. 1971. Teaching and Media. Englewood Chliffs: Prentice-Hall, Inc.

Sardiman. 2011. Interaksi& Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

_______. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sofia Hartati. 2005. Perkembangan Belajar Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif

Pengembangan Bahan Ajar Media... (Sudarto)

Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yusufhadi Miarso dkk. 1984. Teknologi Komunikasi Pendidikan. Jakarta: CV Rajawali.

Published

2020-04-03

Issue

Section

Artikel