PENERAPAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI DI SMK KABUPATEN WONOGIRI (STUDI EVALUASI)

Authors

  • Herman Sudarwanto Universitas Veteran Bangun Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.32585/.v4i1.95

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan Student Teams Achievement Divisions (STAD) dalam pembelajaran menulis teks eksposisi di SMK Kabupaten Wonogiri, ditinjau dari aspek (1) context, yang meliputi sarana prasarana sekolah, kondisi siswa, dan kondisi guru; (2) input, yang meliputi pengembangan silabus dan pengembangan RPP; (3) process, yang meliputi pelaksanaan pembelajaran dan aktivitas guru dan siswa; (4) product, yang meliputi nilai sikap, nilai pengetahuan, dan nilai keterampilanPenelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Wonogiri pada tahun pelajaran 2016/2017. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah evaluasi formatif dengan model evaluasi CIPP. Sumber data yang diperoleh berasal dari tiga sumber, yaitu peristiwa, informan, dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi berperan, dan analisis dokumen. Teknik cuplikan yang digunakan adalah purposive sampling. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi teori dan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan model interaktif, meliputi reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan Student Teams Achievement Divisions (STAD) dalam pembelajaran menulis teks eksposisi di SMK Kabupaten Wonogiri (1) aspek context , berupa sarana prasarana sekolah, kondisi guru, dan kondisi siswa yang memadai; (2) aspek input , berupa usaha guru dan pihak sekolah untuk mengembangkan silabus mata pelajaran dan usaha guru untuk mengembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), baik; (3) aspek process, berupa pelaksanaan pembelajaran kurang optimal; (4) dari aspek product kurang optimal. Kompetensi sikap, nilai “baik”, kompetensi pengetahuan nilai rata-rata mencapai KKM, dan ketuntasan 100%, kompetensi keterampilan nilai rata-rata bisa mencapai KKM tetapi ketuntasannya 91,43%.

 

Kata kunci: STAD, Teks Eksposisi, CIPP

References

Akhadiah, Sabarti, dkk, 1994. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Enre, Fachruddin Ambro. 1988. Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Jakarta: DEPDIKBUD

Kemendikbud. 2014. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Keraf, Groys. 1994. Komposisi.Flores:Nusa Indah

Maryanto, dkk. 2013. Bahasa Indonesia: ekspresi diri dan akademik. Jakarta: Politeknik Negeri Media Kreatif.

Mulyati, Yeti, dkk. 2008 Teknik Menulis Karya Ilmiah . Jakarta: Universitas Terbuka

Nugrahani, Farida. 2008. Pembelajaran Sastra yang Apresiatif Di SMA Surakarta dalam Perspektif Kurikulum Berbasis Kompetensi: Studi Evaluasi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

_____. 2014. Metode Penelitian Kualitatif dalam Bidang Pendidikan Bahasa. Surakarta: Cakrabooks.

Nurudin. 2010. Dasar-dasar Penulisan. Malang: UMM Press.

Riza, Luqman Nur. 2014. Mahir Menulis Paragraf: Berbasis Soaial Budaya. Semarang: Az Zahroh Press.

Setyaningrum, Wulandari. 2013. Rangkuman Materi Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VII, VIII, & IX. Yogyakarta: Javalitera.

Slavin, Robert E. 2009. Cooperative Learning (Teori, Riset, Praktik). Bandung : Nusa Media

_____. 1995.Cooperative learning: Theory Research and Practice. Boston: Allyn and Bason Publisher. New York.

Suparno. 2008. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sutarno, NS. 2006. Manajemen Perpustakaan: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Sagung Seto.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Published

2018-05-30

Issue

Section

Artikel