PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS DAN TANGGUNGJAWAB PESERTA DIDIKDI SMP NEGERI 2 TERAS BOYOLALI
DOI:
https://doi.org/10.32585/cessj.v2i2.1130Abstract
Penelitian ini bertujuan untukmengetahui pembentukan karakter religius dan tanggung jawabpeserta didikyang dilaksanakandi SMP Negeri 2Teras Boyolali. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research dimana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh data dan informasi terkait dengan penelitian yang dilakukan dengan tujuan mengambarkan suatu proses yang terjadi di lapangan. Sedangkan pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan datanya berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis induktif denganlangkahreduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian, penulis menemukan pembentukankarakter yang dilakukan para guru kepada peserta didik melalui metode pembiasaan kegiatan di sekolah. Kegiatantersebut diantaranya adalahpembiasaanpeduli lingkungan dan sosial, Senyum, Salam, Sopan dan Santun (4S), pembiasaan sikap tanggung jawab, pembiasaan bersikap disiplin, dan pembiasaan toleransi. Pembiasaan itu yang membentuk karakter religius dan tanggung jawab pada peserta didik di SMP Negeri 2 Teras Boyolali.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2020-12-31
Issue
Section
Artikel
License
Authors who publish with the Civics Education and Social Science Journal (CESSJ) agree to the following terms:
- The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.