PENERAPAN METODE JIGSAW DENGAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn BAGI SISWA KELAS XI SEMESTER 2 SMA NEGERI 3 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2014/2015
DOI:
https://doi.org/10.32585/cessj.v2i2.1131Abstract
Tujuan penelitian ini ialah untuk meningkatkan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan bagi siswa kelas XI semester 2 SMA Negeri 3 Sukoharjo dan untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan bagi siswa kelas XI semester 2 SMA Negeri 3 Sukoharjo. Prosedur penelitian ini penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan melihat kondisi awal dengan satu stardar Kompetensi. Metode pengumpulan data dengan pengamatan dan nilai tes.Analisis data terdiri atas analisis deskriptif kualitatif dengan membandingkan siklus I dan siklus II. Serta analisis deskriptif komparatif dengan membandingkan hasil ulangan tes siklus I dan hasil ulangan tes siklus II yang selanjutnya direfleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa minat dan kreaktifitas belajar siswa meningkat pada setiap siklus, Kondisi awal yang pasif sebanyak 60%, siswa yang tidak berani bertanya 75 %, Kreaktifitas belajar siswa masih rendah dengan presentasi 25%. Pada siklus I menunjukan siswa yang pasif sebanyak 30 %, siswa yang tidak berani bertanya 35 %, kreatifitas belajar siswa agak tinggi sebesar 60 % sedangkan pada siklus II siswa yang pasif tinggal sedikit 5%, siswa yang tidak berani bertanya tinggal 7 %, kreaktif belajar siswa meningkat menjadi 80 %. Selanjutnya dalam refleksi hasil belajar PKn menunjukkan bahwa kondisi awal : nilai terendah 50, nilai tertinggi 70 nilai rerata 65 dan rentang nilai 20 ulangan harian pada siklus I : nilai terendah 55, nilai tertinggi 82 dan nilai rata-rata 69, rentang nilai 27 sedangkan kalau dibandingkan ulangan harian pada siklus II :nilai terendah 68, nilai tertinggi 100 dan nilai rerata 85, rentang nilai 32. Deskriptif komparatif dari kondisi awal dengan siklus I menunjukkan : nilai terendah meningkat 10% dari 50 menjadi 55, Nilai tertinggi meningkat 17 % dari 70 menjadi 82 dan nilai rerata meningkat 6% dari 65 menjadi 69. Deskriptif komparatif siklus I dengan siklus II menunjukkan : nilai terendah meningkat 24 % dari 55 menjadi 68, Nilai tertinggi meningkat 22 % dari 82 menjadi 100 dan Nilai rerata meningkat 23 % dari 69 menjadi 85. Disamping itu ada peningkatan pembelajaran dengan kreteria ketuntasan minimal Pkn 68, menggunakan metode Jigsaw dengan berbasis teknologi informasi siklus I ketuntasan mencapai 82,85 % dan pada siklus II mencapai ketuntasan 100 % . Dengan demikian Penerapan metode jigsaw dengan berbasis teknologi informasi dapat meningkatkan prestasi belaja siswa.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2020-12-31
Issue
Section
Artikel
License
Authors who publish with the Civics Education and Social Science Journal (CESSJ) agree to the following terms:
- The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.